Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Bisnis Online Wajib Tahu! 7 Service Luar Biasa untuk E-Commerce

Service yang luar biasa sangat penting untuk kepuasan pelanggan. Memiliki strategi service yang terdefinisi dengan baik di tempat tidak lagi menjadi renungan. Berikut adalah tujuh cara pengusaha online dan perusahaan e-commerce dapat memberikan service kelas dunia.

Kami menguraikan tujuh cara agar bisnis e-commerce kecil dapat memberikan service yang luar biasa untuk pelanggan mereka:

1. Menawarkan dukungan multichannel

9 dari 10 pelanggan berharap dapat menerima pengalaman yang konsisten melalui banyak saluran. Jadi untuk sebuah e-commerce sediakan wadah untuk testimonial dari pelanggan agar dapat dilihat oleh calon pelanggan yang lain. Usahakan semua testiomonial yang tercantum baik dan jujur dari pelanggan agar calon pembeli bisa percaya, buktikan bahwa yang ada di testimonial adalah benar adanya.

2. Dengarkan media sosial

78% pelanggan percaya bahwa media sosial akan menjadi wadah yang cukup membantu dalam promosi dan mengetahui apa saja kebutuhan pasar, jadi selain produk kita bisa lebih dikenal juga dapat memberi service yang tepat dan dapat menarik perhatian calon pelanggan lainnya.

3. Lacak semua interaksi pelanggan

Seperti halnya yang dijelaskan pada poin pertama, usahakan testimonial yang diberikan oleh pelanggan adalah yang baik dan jujur.

4. Buat pusat dukungan untuk pelanggan

90% pelanggan pergi ke situs web perusahaan sebelum menelepon atau mengirim email.

5. Menyediakan chat online

77% pelanggan setuju bahwa obrolan online secara positif mempengaruhi sikap mereka tentang perusahaan. Jika sudah ada chat online usahakan membalas secepat mungkin, karena itu akan membuat pelanggan merasa diprioritaskan/dipentingkan. Keramahan saat sedang chat juga sangat diharuskan agar pelanggan merasa nyaman saat berkomunikasi.

6. Fokus tanggapan tepat waktu

84% pelanggan yang melaporkan kemungkinan besar melakukan bisnis dengan perusahaan jika merespons melalui telepon dalam waktu kurang dari satu menit. Usahakan jangan sampai saat ada pelanggan/calon pelanggan telepon tidak diangkat lebih dari 3 dering.

Memberikan pengalaman WOW seperti tim dukungan WOW kami setiap hari untuk pelanggan kami.

Nah, apa yang akan kamu lakukan saat kamu menjadi seorang customer service? Terlebih saat harus melayani kebutuhan para pebisnis online, seperti website toko online instan. Kamu pasti ingin memberikan pelayanan terbaik, agar mereka puas dan mau merekomendasikan kamu ke orang yang baru lagi.

Nelsi Islamiyati