Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Mau Jadi Pebisnis? Kamu Wajib Ingat Pentingnya Hosting dan Domain

Saat ini internet sudah digunakan oleh banyak orang, dan internet menjadi media informasi yang pertumbuhannya sangat cepat. Sudah selayaknya orang yang mempunyai usaha atau bisnis, mulai mempertimbangkan penggunaan internet sebagai media untuk mengembangkan bisnis.

Nah, biasanya untuk para pembisnis ini mempunyi website company profile untuk mempromosikan bisnis atau perusahaan mereka. Banyak sekali manfaat website bagi sebuah bisnis dan usaha di era sekarang ini. Karena apapun aktivitasnya, manusia saat ini cenderung mencari informasi yang belum mereka ketahui di “mbah Google”.

Dan juga patut bersyukur karena para pembisnis jaman sekarang satu persatu sudah mulai paham tentan internet. Ya, karena mereka pasti juga paham akan era sekarang yang serba internet dan mereka harus membuat diri mereka paham akan internet supaya tidak ketinggalan jaman.

Dan juga sekarang pun untuk membuat website, para pembisnis dimudahkan untuk membuat website tanpa mereka harus menyewa developer, yakni banyak template yang dapat digunakan contohnya wordpress dan blogspot.

Namun jika kita mau mengelola web secara profesioanl, kita bisa membangun website dengan domain dan hosting milik kita sendiri. Nah, sebelum itu kita harus mengetahui pengertian dari domain dan hosting.

Apa itu domain murah? Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Dan hosting adalah tempat atau wadah tempat data website yang dapat diakses diletakkan. Jadi isi dari website yang ingin dapat diakses tersebut diletakkan di dalam hosting , seperti file PHP, CodeIginiter dll . Jadi tempat peletakkan data website yang ingin dionlinekan.

Nah, lebih mudahnya jika dianalogikan, domain itu seperti alamat rumah kita, dan hosting itu rumah kita. Jadi jika kita mempunya website contohnya dengan nama domain yayaya.com di Google, dan ketika kita mengakses domain yayaya.com maka akan muncul halaman website yang data websitenya tersebut sudah diletakkan di hosting tadi.

Tentunya ada kelebihan tersendiri jika kita menggunakan website dengan domain dan hosting sendiri. Jika kita mempunyai hosting dan domain sendiri, website kita terbebas dari iklan.

Lalu kita juga bisa membuat nama webmail atas nama domain sendiri, contohnya jika domainnya yayaya.com, kita bisa create email hosting dengan nama sonia@yayaya.com contohnya. Tentunya didalam hosting yang free alias gratis seperti Blogspot dan WordPress, kita tidak akan memiliki fitur yang seperti ini.

Sedangkan jika kita menggunakan nama domain yang berbayar, kita akan lebih percaya diri karena kita bisa menunjukkan website kita kepada klien atau kepada teman dengan domain murah sendiri.

Bahwa pada jaman sekarang website atau blog itu sangat penting, karena sekarang semua orang jika tidak mengetahui apa-apa dan ingin tahu pasti cari tahunya juga melalui website.

Dan juga pada jaman sekarangpun adalah era nya IT. Apapun serba IT. Jadi jika kita ada yang ingin melamar pada suatu perusahaan, jika kita mencantumkan portfolio bahwa kita mempunyai web dengan hosting dan domain sendiri pun akan menjadi nilai tambah bagi kita.

Berikut beberapa manfaat website bagi perusahaan maupun bisnis

  1. Internet sudah mendunia di era sekaran ini, tetapi masih banyak perusahaan yang belum memiliki website. Dengan memiliki website untuk usaha, para bisnisman sudah berada selangkah di depan kompetitor yang belum memiliki website. Seperti ini, akan membuat image perusahaan di mata pelanggan lebih baik.
  2. Dengan website kita juga dapat melakukan transaksi online di website yang kita pasang. Banyak juga keuntungannya karena memang untuk jual beli saat ini paling banyak dilakukan adalah jual beli online. Semakin matang kamu melakukan bisnis online, tingkat kepercayaan pelanggan akan semakin baik dan tentu saja memudahkan bisnis kamu secara keseluruhan. Meningkatkan Pelayanan Terhadap pelanggan.
  3. Dengan membuat website bisnis, pembisnis dapat memberikan informasi terupdate kepada pelanggan anda mengenai produk terbaru dari perusahaan.
  4. Dengan danya website juga dapat menjaring pelanggan baru. Inilah yang paling penting. Website yang baik adalah website yang mampu menarik sebanyak mungkin pengunjung sebagai pelanggan anda dan membuat banyak visitor mengunjungi website agar tertarik membeli produk perusahaan.

Banyak juga cara untuk mendapatkan kunjungan pelanggan di website agar banyak pengunjung, contohnya dengan mempromosikan ke sosial media yaitu Facebook atau Instagram yang memang sedang sangat ramai.

Bisa juga dengan mengoptimasikan web tersebut agar bisa tampil di halaman satu Google yang dikenal dengan SEO. Untuk menseokan suatu web dilakukan sendiri dan sudah banyak panduan untuk setting SEO di internet, agar semakin website kamu menjadi nomor satu di Google saat di Googling.

Mungkin video di bawah ini bisa membantumu menerjemahkan apa itu Hosting dan Domain 🙂

Jadi, sudah siap untuk menjadi pebisnis online sukses? 

SM Team