Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

4 Plugin A/B Testing untuk Optimasi WordPress yang Wajib Dicoba

Jika kamu memiliki sebuah website, kamu pasti mengenal istilah bounce rate, leads, dll. Istilah istilah tersebut sebenarnya memiliki kesamaan yaitu pengunjung website kamu. Lalu apa hubungannya dengan website?

Pengunjung website kamu datang ke halaman website karena sebuah tujuan. Mungkin bisa ingin membaca artikel, mungkin bisa karena ingin membeli sebuah barang, dan masih banyak lagi.

Lalu bagaimana cara kamu menilai apakah content yang ada di website merupakan content yang sesuai dengan segment website kamu?

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan plugin A/B Testing. A/B testing merupakan pengetesan pada sebuah website dengan meluncurkan dua versi berbeda, bisa berupa konten, desain, maupun bagian lain pada website untuk mengetahui tampilan, content atau bagian mana yang memberikan hasil terbaik. Dengan melakukan pengetesan, kamu dapat lebih mudah menentukan keputusan berbasis data yang valid.

Sebelum menjalankan A/B testing, tentukan terlebih dahulu tujuan yang ingin kamu capai. Misalnya menurunkan bounce rate, meningkatkan penjualan, meningkatkan CTR, bahkan ketiganya sekaligus. Tiga tujuan di atas adalah bagian penting untuk memulai pengujian.

Jika kamu pengguna wordpress, berikut adalah list plugin yang bisa kamu gunakan untuk melakukan A/B Testing.

Engagement Grower- Related Posts

Plugin ini memungkinkan kamu membuat A/B Testing pada related Post. Plugin ini dapat memberikan rekomendasi related post mana yang paling sesuai.

Simple Page Tester

Plugin ini memungkinkan kamu menjalankan Split Testing pada website WordPress tanpa harus mengubah kode pada website kamu. Plugin ini sangar sederhana dan mundah digunakan. kamu tidak perlu khawatir mengenai efek split testing pada SEO karena pengetesan yang dilakukan akan dianggap sementara oleh Google.

Baca juga:  Tips SEO WordPress untuk Membangun Bisnis Online

Plugin A/B Image Optimizer 

Bagi kamu yang ingin melakukan pengetesan pada featured image mana yang lebih menarik perhatian visitor, kamu dapat mencoba Plugin A/B Image Optimizer. Seperti yang telah kamu ketahui, gambar merupakan aspek yang cukup penting pada sebuah website, terutama untuk jenis ecommerce.Plugin ini dapat membantu kamu dalam melakukan pengetesan dengan dua jenis featured image pada postingan, halaman, maupun produk WooComerce.

Nelio AB Testing

Plugin ini merupakan plugin A/B Testing yang memiliki banyak fitur. Fitur-fitur yang tersedia memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai macam pengetesan pada website kamu. Beberapa hal di antaranya misalnya menentukan, mengatur, serta melacak split-testing yang kamu lakukan. Segalanya perlu kamu tes tanpa terkecuali. kamu dapat mengetes pilihan nama, gambar, dan deskripsi produk yang dijual. Kemudian, kamu juga dapat memastikan apakah tombol berfungsi dengan baik, hingga tindakan visitor setelah mengunjungi landing page apakah langsung ke halaman daftar harga atau tidak. Efek pada tindakan pengunjung ketika kamu mengganti background pun dapat kamu ketahui di sini.

Membangun website untuk bisnis dengan WordPress memang sudah sangat dimudahkan. Mulai dari tampilan, plugin sampai dengan tools mengoptimasinya. Tapi tetap saja yang dicari oleh semua pemilik website WordPress adalah kecepatan dan keamanan website. Tidak bisa dibayangkan saat website bisnis mengalami akses yang lambat atau bahkan data customer menjadi rawan hilang. Apa yang akan mereka pikirkan? Tentu saja bisnis kita tidaklah profesional bukan?

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimasi kecepatan dan keamanan website adalah dengan menggunakan hosting khusus WordPress. Bagaimana mungkin hosting biasa bisa menjaga keamanan dan kecepatan WordPress yang sangat unik? Ya, WordPress Hosting Indonesia memberikan kemudahan untuk siapapun pemilik website WordPress untuk menjalankan website tanpa bingung kecepatan dan keamanannya. 

Nelsi Islamiyati