Apa itu Affiliate Marketing? Tunggu dulu, Sebelumnya apakah kalian ingin dapat dan menghasilkan uang kapan saja, dari mana saja – bahkan saat kamu tidur sekalipun?. Apakah bisa? Tentu saja bisa, Kamu bisa mendapatkan passive income dengan menjadi Affiliate Marketer.

Affiliate marketing menjadi salah satu peluang bisnis online yang saat ini mulai banyak orang terjun ke dunia afiliasi. Apa yang mereka inginkan? Tentunya uang, sebab model bisnis ini menjadi passive income bagi sebagian besar orang.

Apa itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah sebuah proses di mana afiliasi mendapatkan komisi dari memasarkan produk orang lain atau perusahaan. Jadi affiliate marketer mendapatkan uang dari komisi penjualan jika ada yang membeli produk menggunakan kode referral.

Affiliate marketing bisa dikatakan sebagai makelar/perantara namun dalam dunia online. Karena bersifat online, Maka penjualan dilacak melalui tautan afiliasi atau kode referral dari satu situs web ke situs web lainnya.

Bagaimana Cara Kerja Affiliate Marketing

cara kerja affiliate marketing
cara kerja affiliate marketing | image source : bigcommerce.com

Untuk cara kerjanya sudah sedikit dijelaskan diatas, Nah jika dilihat sekilas penjelasan diatas terdapat 3 hubungan yang tidak bisa dipisahakan. Ketiga pihak ini tidak bisa di pisahkan dalam affiliate marketing, siapa itu? Ketiga pihak tersebut yaitu penjual atau pembuat produk, affiliator atau affiliate marketer, dan konsumen.

1. Penjual atau Pembuat Produk, 

Penjual atau pembuat produk merupakan orang/pihak yang menyediakan produk yang akan dipasarkan nantinya. Pihak ini bisa berupa entrepreneur atau perusahaan besar, pedagang, pencipta produk, ataupun pengecer.

Pihak ini akan menyediakan produk baik berupa produk fisik maupun non-fisik, Untuk pemasaran penjual atau pembuat produk tidak perlu terlibat secara aktif. Mereka bisa menjadi pengiklan atau bekerja sama dengan affiliate marketer untuk memasarkan produknya.

2. Affiliate Marketer

Merupakan perorangan atau perusahaan yang memasarkan produk penjual dengan cara yang menarik bagi konsumen potensial. Bisa dikatakan jika affiliate marketer bertugas untuk mempromosikan produk agar meyakinkan konsumen bahwa itu berharga atau bermanfaat bagi mereka dan meyakinkan mereka untuk membeli produk.

Kebanyakan affiliate marketer memiliki audiens yang sangat spesifik, karena mereka biasanya hanya menjual produk yang mereka sukai saja. Dengan begitu circle dari affiliate marketer kebanyakan adalah target audiensnya.

3. Konsumen

Konsumen menjadi target para affiliate marketer untuk mendapatkan komisi, Para affiliate marketer akan membagikan produk penjual kepada konsume melalui sosial media, blog, dan situs web.

Terkadang affiliate marketer akan menjelaskan dimuka dengan konsumen jika mereka menerima komisi untuk penjualan yang mereka lakukan. Di lain waktu, beberapa konsumen mungkin sama sekali tidak sadar jika mereka masuk sebagai affiliate marketing di balik pembelian mereka.

Lantas bagaimana cara kerja affiliate marketing? Cara kerjanya dibagi menjadi beberapa proses. Nah berikut langkah-langkah yang ditempuh untuk melakukan afiliasi :

  • Mendaftar program affiliasi, Affiliate marketer mendaftar pada penjual atau pembuat produk, Nantinya affiliator akan mendapatkan kode refferal dan ketentuan komisi setiap penjualan.
  • Mempromosikan Produk, Affilliator akan memasarkan produk milik penjual atau pembuat produk melalui sosial media maupun website dengan menggunakan kode refferal yang didapatkan.
  • Konsumen Membeli Produk Menggunakan Kode Refferal Kamu, Konsumen membeli produk menggunakan kode refferal melalui media promosi kamu. 
  • Mendapatkan Komisi dari Affiliate Marketing, Setelah itu, Kamu akan mendapatkan komisi sesuai ketentuan diawal jika ada orang yang membeli melalui kode refferal kamu

Bagaimana Affiliate Marketer Mendapatkan Uang

Affiliate marketing menjadi salah satu metode yang cepat dan murah untuk menghasilkan uang tanpa harus benar-benar menjual produk. Dengan menjadi affiliator kamu bisa mendapatkan passive income, Tapi apakah kamu tahu bagaimana affiliator mendapatkan uang?

Yang perlu kamu ketahui, Untuk mendapatkan uang melalui affiliate marketing terdapat berbagai cara. Cara – cara tersebut tentunya sesuai dengan kebijakan/ketentuan penyedia program affiliasi. Nah affiliasi dapat dibayar dengan berbagai cara:

1. Pay per sale

Pay per sale atau bayar per penjualan merupakan struktur affiliate marketing yang standar, Kebanyakan para penyedia affiliate marketing atau penjual menggunakan cara ini untuk membayar para affiliator ketika memasarkan produk.

Penjual produk akan membayar persentase afiliasi dari harga jual produk sesuai ketentuan diawal ketika konsumen membeli produk melalui kode refferal affiliator. Dengan kata lain, affiliator harus membuat konsumen membeli produk melalui kode refferalnya untuk mendapatkan uang.

2. Pay per lead

Pay per lead meruapakan cara atau sistem affiliate marketing di mana affiliate marketer akan mendapatkan komisi setiap konsumen melakukan konversi prospek. Konversi prospek ini misalnya mengisi formulir kontak, mendaftar untuk uji coba suatu produk, berlangganan buletin, atau mengunduh perangkat lunak atau file.

Jadi disini affiiator  harus membujuk konsumen/audiens untuk melakukan tindakan sesuai prospek untuk menghasilkan konversi bagi penjual atau penyedia affiliate marketing.

3. Bayar per click

Pay per click merupakan Program yang berfokus pada insentif affiliator untuk mengarahkan konsumen dari platform pemasaran atau media promosi ke situs web merchant. Jadi kamu harus melibatkan konsumen sejauh mereka akan pindah dari media promosi kamu ke situs merchant.

Kebanyakan sistem ini dikhususkan untuk website, Sedangkan affiliate marketer akan dibayar berdasarkan peningkatan lalu lintas web. Sayangnya untuk sistem ini masih minim digunakan, Selain sulit untuk mendapatkan konversi juga rawan terhadap kecurangan para affiliator.  

Kenapa Kamu Harus Menjadi Affiliate Marketer

Mengapa Affiliate Marketing
Mengapa Affiliate Marketing?

Banyak yang bisa kamu dapatkan dari affiliate marketing, nah berikut beberapa alasan kenapa kamu harus menjadi seorang affiliate marketer :

1. Passive Income

Kebanyakan orang terjun ke dunia affiliate marketing karena bisnis ini bisa dijadikan sebagai passive income. Ini menawarkan kemampuan untuk menghasilkan uang saat kamu tidur sekalipun. 

Cukup dengan menginvestasikan beberapa waktu untuk membuat media promosi, Maka kamu akan mendapatkan komisi dari penjualan saat orang membeli menggunakan kode refferal kamu. 

Komisi akan datang kapanpun bahkan kamu bisa mendapatkan komisi selamanya asalkan media promosi yang kamu buat selalu membuat konsumen tertarik membeli produk menggunakan kode refferal kamu.

2. Bekerja Dimanapun dan Kapanpun

Menjadi Affiliate marketer tidak perlu datang ke kantor, Kamu bisa bekerja di manapun, baik di kantor, di rumah, ataupun tempat yang buat kamu nyaman. Kebanyakan orang menjadikan affiliate marketing sebagai bisnis sampingan, Jadi bisa dikatakan jika menjadi affiliator kamu bisa bekerja dimanapun dan kapanpun.

Kamu tidak terikat oleh waktu dan tempat, Kamu bisa bekerja dari rumah baik itu siang ataupun malam hari.

3. Nyaman dan Fleksible

Sesuai poin sebelumnya, Affiliate marketing pada dasarnya merupakan pekerjaan lepas. Dengan begitu kamu bisa bebas menetapkan tujuan kamu sendiri, memilih produk yang menarik bagi kamu, dan bahkan menentukan jam kamu sendiri.

Selain itu kamu juga akan bebas dari batasan dan peraturan perusahaan serta tim yang berkinerja buruk. 

4. Komisi Berdasarkan Kinerja

Affiliate Marketing murni berdasarkan pada kinerja. Kamu akan mendapatkan komisi berdasarkan kinerja. Disini kamu bisa mengasah keterampilan, meninjau dan menulis promosi antau kampanye yang menarik.

Strategi Sukses Menjadi Affiliate Marketer

Banyak cara yang bisa dilaukan untuk mendapatkan banyak uang dari affiliate marketing, Keterampilan dalam pemasaran menjadi yang terpenting agar kamu mendapatkan yang stabil dari bisnis affiliasi. Nah berikut tips sukses menjadi affiiliate marketer.

1. Siapkan Website untuk Promo Affiliasi

Website sangat penting ketika kamu terjun ke dunia affiliate marketing, Website menjadi media promosi terbaik selain sosial media. Dengan website kamu bebas membuat konten untuk promosi, tapi ingat jangan lupa untuk mencantumkan kode refferal affiliasi kamu.

Pastikan juga website kamu cepat dan stabil saat akan diakses agar konsumen kamu tidak kabur karena load website yang lama. Jika website kamu lelet solusinya yaitu menggunakan web hosting yang performanya bagus, dan web hosting yang bagus hanya di Jagoan Hosting.

Ingin penghasilan tambahan? Tenang! Jagoan Hosting juga memiliki program affiliasi lho, Kamu bisa mendaftar program affiliasi jagoan hosting di member area.

2. Rekomendasikan Produk yang Sangat kamu Kenal

Produk yang kamu promosikan merupakan produk yang kamu sukai atau kamu pahami. Tujuannya yaitu kamu bisa lebih mudah untuk membuat media promosi, selain itu kamu bisa mudah menjawab pertanyaan konsumen jika ada pertanyaan seputar produk yang muncul.

Yang terpenting adalah kamu tahu tentang product knowledge, Dengan mengetahui hal tersebut kamu bisa lebih mudah untuk membuat konten promosi. Pastikan juga kamu tidak menyuruh langsung membeli produk, Melainkan hanya merekomendasikan produk tersebut.

3. Promosikan produk dari banyak penjual yang berbeda

Ingat pepatah Jangan menaruh semua telur Anda dalam satu keranjang. Hal tersebut berlaku dalam dunia affiliate marketing, Untuk mendapatkan komisi yang maksimal promosikan produk dari banyak penjual.

Yang perlu kamu ingat yaitu jika kamu hanya mempromosikan produk satu penjual, Maka kamu akan terjebak dengan komisi mereka, tingkat konversi mereka. Hal tersebut mengakibatkan penghasilan kamu dari afiliate marketing kurang maksimal.

4. Jangan Lupakan SEO untuk Strategi Affiliate Marketing kamu

SEO sangat membantu kamu untuk mendapatkan trafik organik, Trafik organik inilah yang nantinya akan berpotensi untuk menjadi media kamu untuk menghasilkan komisi dari affiliate makrketing. 

Kamu harus mulai belajar SEO dan mulai menerapkan dasar-dasar SEO, Optimasi on-page dan offpage, serta riset kata kunci. Siapa yang tidak ingin peringkat # 1 untuk istilah seperti “produk terbaik” atau “review produk” di Google? dua kata kunci tersebut memiliki petensi yang besar untuk menimulkan konversi ke penjualan.

5. Optimalkan Tingkat Konversi Affiliate Marketing Kamu

Yang terpenting untuk sukses dari affiliate marketing adalah mengoptimalkan tingkat konversi kamu. Semakin tinggi persentase konversi affiliasi kamu maka kamu bisa mendapatkan komisi yang lebih tinggi.

Buatlah strategi untuk meningkatkan konversi pada website kamu, Buatlah gebrakan agar orang menggunakan kode refferal kamu untuk membeli produk. Pastikan jika konversi affiliasi kamu minimal diangka 2-4% dari jumlah trafik ke website kamu. 

Itulah beberapa informasi mengenai affiliate marketing, Kamu bisa mendapatkan uang tambahan dari affiliasi. Ingat juga, Jagoan Hosting juga menyediakan program affiliasi hosting, buat kamu yang ingin penghasilan tambahan bisa daftar.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like