Kemajuan teknologi membuat banyak otomatisasi dalam dunia industri, Salah satunya penerapan Chabot pada bisnis. Apa itu Chatbot? Sebelumnya Mungkin kamu sudah tahu jika saat ini kita hidup di zaman Industri 4.0, Dimana saat ini penggunaan teknologi sangat difokuskan pada dunia industri. 

Penerapan Otomatisasi cerdas seperti halnya Google Assistant, Sangat membantu banyak orang terutama pengguna android yang bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk memudahkan banyak hal. Sama halnya dengan Chatbot, Teknologi otomatisasi ini memiliki banyak manfaat jika diterapkan pada bisnis. 

Apa itu Chatbot?

Chatbots adalah sebuah program otomatisasi yang membantu proses interaksi dengan pelanggan secara otomatis berdasarkan serangkaian kondisi atau peristiwa yang telah ditentukan sebelumnya.

Dengan teknologi otomatisasi ini, Memungkinkan kamu untuk bisa melayani pelanggan tanpa harus terjun langsung menjadi customer service. Bisa dikatakan jika Chatbot merupakan sebuah customer service online yang bersifat otomatis.

Chatbots dapat digunakan secara otomatis untuk melayani pelanggan, Mengajukan dan menjawab pertanyaan, mengumpulkan jawaban, memberikan dan mengumpulkan informasi, mengarahkan calon pelanggan, dll. 

Saat ini Chatbot memiliki beberapa jenis seperti :

  • Web Chatbots
  • Facebook Messenger Chatbot
  • Twitter Chatbot

Chatbot bukan hal yang baru, Berdasarkan Sejarah Chatbot, Teknologi ini sudah ada sejak tahun 1960-an. Namun, Untuk penerapannya dalam dunia bisnis baru beberapa tahun belakangan ini.

Bagaimana Penerapan Chatbot saat ini dan di Masa Depan

Apakah masa depan chatbot akan tetap terus bersinar? Jika berkaca pada penerapan Chatbot di masa sekarang, Chatbot akan menjadi salah satu teknologi otomatisasi yang paling banyak digunakan pada dunia industri.

Di Amerika, lebih dari 59% generasi milenial dan 60% Generasi X telah berinteraksi dengan chatbots. Selain itu, Survei yang dilakukan oleh Oracle menunjukkan jika 80% bisnis berencana untuk menggunakan chatbots pada tahun 2020.

Hal tersebut membuktikan jika chatbot akan menjadi salah satu teknologi otomatisasi yang akan banyak digunakan pada bisnis. Saat ini penggunaan chatbot cukup diapresiasi oleh banyak orang di dunia, Menurut mereka chatbot menjadi solusi beberapa masalah yang dihadapi pelanggan.

Kebanyakan orang berpendapat jika Chatbot menjadi sebagai media para pelanggan untuk memperoleh kecepatan dan akurasi ketepatan jawaban atas pertanyaan umum.

Yang perlu kamu perhatikan yaitu, Sebelum menerapkan chatbot pada bisnis, Kamu harus terlebih dahulu memahami tentang kebutuhan dan apa yang ingin berkomunikasikan pelanggan dengan chatbot. Disini peran seorang business analyst menjadi salah satu kunci penerapan chatbot pada bisnis.

Manfaat Penerapan Chatbot untuk Bisnis

Banyak yang bisa didapatkan ketika menerapkan teknologi otomatisasi seperti chatbot dalam bisnis. Lantas, Apa saja manfaat chatbot untuk bisnis:

  1. Menjadi solusi banyak masalah, Beberapa survei menyebutkan jika chatbot dapat menjadi solusi terbaik berbagai masalah yang sering ditemukan pada bisnis online. Setidaknya 4 masalah utama yang ditemukan, Chatbot menjadi salah satu yang terbaik pada pemecahan masalah tersebut.
  2. Menghemat biaya operasi, Chatbot setidaknya dapat melakukan banyak tugas dengan cukup mudah. Chatbot bisa menjawab pertanyaan umum secara cepat, Otomatisasi proses layanan, Online 24 Jam dan hal lainnya. Hal tersebut mumungkinkan kamu untuk dapat menghemat biaya operasi.
  3. Media Onboarding dan Edukasi Pelanggan, Tak semua pelanggan membaca informasi yang disediakan oleh perusahaan, Dengan adanya chatbot pelanggan dapat mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cara memulai percakapan dengan chatbot,
  4. Mengumpulkan Leads, Chatbot bisa digunakan untuk mengumpulkan leads atau informasi pelanggan. Chatbot akan mengumpulkan berbagai informasi dari beberapa pelanggan yang memulai percakapan. Nantinya Informasi tersebut dijadikan sebagai alat untuk mendapatkan pelanggan potensial.
  5. Meningkatkan Konversi Penjualan, Chatbots dapat digunakan secara otomatis untuk mengarahkan calon pelanggan untuk menemukan apa yang mereka cari – seperti produk terkait, koleksi tertentu.
  6. Memprediksi Permintaan Pelanggan, Kemajuan teknologi Artificial Intelligence dapat membuat chatbot membantu memprediksi apa yang perlu atau ingin dibeli oleh pelanggan berdasarkan riwayat pembelian sebelumnya dan kemampuan dari AInya.

Chatbot dapat melakukan banyak hal, Chatbot sendiri dibangun untuk mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, mengumpulkan jawaban, mengarahkan pelanggan, dll. Itu hanya sebagian kecil saja, masih banyak manfaat menerapkan chatbot pada bisnis yang bisa kamu dapatkan.

Chatbot vs Customer Service

Apa itu Chatbot
Chatbot atau Customer Service

Apakah chatbot bisa menggantikan Customer Service? Jika melihat dari beberapa kondisi, Chatbot tidak dapat menggantikan Customer Service secara penuh. Masih terdapat beberapa hal yang tidak bisa dilakukan oleh chatbot

Chatbot sendiri merupakan sebuah program yang harus disetting atau diprogram terlebih dahulu untuk dapat melayani pelanggan. Karena kebanyakan Chatbot menggunakan Artificial Intelligence maka chatbot sendiri harus beradaptasi terlebih dahulu.

Antara Chatbot dan Customer Service harus saling berdampingan, Chatbot bisa menjawab pertanyaan umum secara lebih cepat, Sedangkan Customer service dapat menjawab dengan tepat. Karena chatbot merupakan sebuah program, maka bisa saja terdapat kesalahan didalamnya.

Jadi, Dapat disimpulkan antara Chatbot dan Customer Service menjadi hal yang tidak terpisahkan. Keduanya saling membantu untuk menciptakan layanan pelanggan terbaik, Dan kombinasi dari keduanya akan membuat bisnis kamu bisa lebih berkembangan. 

Jagoan Hosting telah Menerapkan Chatbot

Jagoan Hosting sendiri sudah menerapkan Teknologi Otomatisasi Chatbot untuk membantu melayani pelanggan. Chatbot tersebut diberi nama Andro.

Andro merupakan Chatbot Jagoan Hosting yang menggunakan teknologi NLP (Natural Language Processing), NLP merupakan bagian dari ilmu komputer dan kecerdasan buatan yang berhubungan dengan bahasa manusia.

Nah, NLP dapat diartikan sebagai ilmu tentang bagaimana mengajari komputer untuk memahami dan menghasilkan bahasa manusia. Jadi, NLP ditujukan untuk mengartikan sebuah bahasa tersebut sebagai sebuah rangkaian kata yang dapat dipahami.

Untuk informasi lebih lanjut tentang NLP, Cek postingan selanjutnya atau cara postingan melalui kolom search website. Itulah beberapa informasi tentang apa itu chatbot dan penerapannya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like