Membangun website sistem akademik tidak perlu repot seperti yang anda bayangkan, cukup menggunakan WordPress saja

Pendidikan berubah seiring bagaimana internet selama ini juga berubah. Internet sudah menjadi bagian paling penting dalam penyediaan pendidikan. Salah satunya adalah membangun website sistem akademik untuk sekolah, universitas, atau lembaga pendidikan lainnya. Membangun website sistem akademik tidak perlu repot seperti yang anda bayangkan, cukup menggunakan WordPress anda sudah bisa membangun website sistem akademik tanpa membutuhkan keterampilan coding atau semacamnya.

Jika anda tertarik untuk membangun website sistem akademik anda sendiri, baik untuk sekolah, universitas, atau lainnya, ikuti artikel berikut. Melalui artikel ini, anda bisa tahu cara membangun website sistem akademik dengan mudah dan cepat.

Cara Membangun Website Sistem Akademik

1. Tools yang Dibutuhkan

Sebelum anda memulai, pastikan anda memiliki akun WordPress, dan gunakan template website edukasi pilihan anda. WordPress sudah menyediakan banyak template website edukasi yang bisa anda gunakan, contohnya Education Zone Pro, Education WP, dan lain-lain.

2. Langkah-Langkah Membangun

a. Membuat Nama Domain.

Langkah pertama adalah memilih nama domain untuk website anda. Nama adalah bagian penting akan identitas lembaga pendidikan anda. Cukup gunakan nama lembaga pendidikan anda sebagai nama domain anda agar lebih mudah dikenal. Gunakan Namesilo untuk mengecek apakah nama domain anda tersedia atau tidak.

b. Meregistrasi Nama Domain dan Mendapatkan Hosting.

Jika anda ingin website anda dapat disimpan dan dilihat oleh umum, anda membutuhkan layanan hosting agar website anda dapat berjalan dengan baik. Layanan hosting menyediakan penyimpanan dan bandwidth untuk website anda. Jika anda masih pemula gunakan layanan hosting yang paling murah terlebih dahulu. Contohnya anda bisa menggunakan layanan hosting dari Jagoanhosting sebagai pilihan hosting anda. Beli Domain TLD Murah Sekarang!!

c. Menginstall WordPress.

WordPress adalah salah satu platform terbaik untuk membangun website dan sangat mudah untuk memanejemen konten anda. Terlebihnya, WordPress memungkinkan anda untuk membangun website tanpa harus paham coding sedikitpun secara gratis. Anda dapat menggunakan WordPress dari browser atau menggunakan aplikasi WordPress yang bisa anda download.

d. Memilih Template Website Anda.

Dari berbagai template edukasi WordPress yang anda bisa gunakan, cukup memilih template yang cocok dan paling mudah dengan proyek anda. Jika anda membangun website edukasi umum, seperti sekolah atau universitas, anda dapat menggunakan Education Zone Pro. Jika anda ingin lebih spesifik, seperti TK atau Playgroup, gunakan Preschool and Kindergarten Pro.

e. Menginstall Plugin di WordPress Anda.

Plugin memungkinkan anda untuk menambahkan fitur-fitur yang tidak ada pada dasarnya, dan dengan menggunakan plugin yang tepat, anda bisa memperluas fungsionalitas website anda lebih baik. Berbagai plugin memiliki fitur-fitur tersendiri, jadi pastikan anda memilih yang anda butuhkan saja. Berikut beberapa rekomendasi untuk plugin WordPress anda:

  1. LearnDash
  2. LifterLMS
  3. teachPress
  4. CoursePress

f. Menambahkan Konten ke Website Sistem Akademik Anda.

Jika anda sudah mencapai tahap ini, bisa dipastikan website sistem akademik anda sudah hampir jadi. Jika anda masih belum tahu apa saja yang harus ditambahkan ke dalam website anda, berikut beberapa konten yang umumnya anda tambahkan ke website sekolah anda.

  1. Informasi layanan dan kontak sekolah
  2. Jadwal dan ketersediaan kelas atau kursus
  3. Halaman informasi data pelajar
  4. Informasi anggota fakultas dan tenaga pengajar
  5. Blog atau Newsletter

Penutup

Jika anda sudah menempuh tahap terakhir, website anda sudah dapat beroperasi dengan baik dan siap digunakan. Membangun website sistem akademik benar-benar tidak sulit dan hampir semua orang, yang setidaknya dapat mengoperasikan komputer, sudah dapat membangun website sistem akademiknya sendiri. Selebihnya, anda juga bisa mengkustomisasi website anda dengan mengganti tema, plugin, dan design lainnya. Namun, pastikan website yang anda bangun memudahkan pelajar-pelajar anda untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like