Perbedaan Cloud Hosting dan VPS, Cocok untuk Web Apa?

perbedaan cloud hosting dan vps

Menjadi seorang pemilik website, tentu kamu harus memahami banyak hal baru salah satunya terkait hosting. Beberapa mungkin masih belum mengenal apa sih perbedaan cloud hosting dan vps itu.

Sebab dari yang terlihat di permukaan, mungkin kamu mengetahui keduanya sama baiknya. Tetapi cocok mana sih untuk jenis website yang kamu miliki. Nah, oleh karena itu mengenal perbedaan antara keduanya penting untuk kamu ketahui.

Apalagi layanan hosting sendiri cukup banyak. Mulai dari cloud hosting, shared hosting, vps hosting, dan beberapa pilihan lainnya. Untuk mendapatkan layanan terbaik yang cocok maka penting sekali memilih hosting terbaik.

Perbedaan Cloud Hosting dan VPS

Untuk mengetahui perbedaan cloud hosting dan VPS, maka kamu bisa melihat beberapa indikator berikut ini :

1. Kapasitas

Perbedaan utama bisa kamu lihat dari kapasitas keduanya. Pada VPS, kamu bisa melakukan penambahan dan pengurangan dengan mudah. Salah satunya peningkatan penskalaan yang terbagi menjadi dua jenis yaitu vertikal dan horizontal.

Pada penskalaan vertikal kamu bisa menemukan kapasitas lebih banyak yang bisa kamu sesuaikan dengan spesifikasi server. Hal ini mempengaruhi perubahan pada sistem operasi, ruang disk, dan juga RAM.

Sedangkan, pada penskalaan horizontal berarti terdapat penambahan jumlah layanan VPS. Hal ini sama dengan cloud hosting yang mana bisa menambahkan dengan proses yang cepat, mudah, dan tanpa batas.

Cloud hosting juga memungkinkan penambahan penyimpanan. Tetapi pada saat proses pemutakhiran maka situs web akan sedikit mengalami down.

2. Kustomisasi

Selanjutnya, fitur cloud hosting dan vps juga memiliki nilai beda. Di mana, VPS bisa dengan mudah kamu sesuaikan (fleksibel). 

Cek Konten Lainnya:
Ini 6 Tips Memilih Lokasi Server Hosting yang Tepat

Contohnya seperti pemilihan kontrol panel, di mana kamu bisa menggunakan cPanel (WHM), Webuzo, VestaCp, dan beberapa program lainnya.

Sedangkan, pada cloud hosting kamu tidak akan menemukan opsi penyesuaian seperti VPS. Faktor yang mempengaruhinya adalah konfigurasi server telah penyedia layanan lakukan.

Sehingga menggunakan cloud hosting lebih terkesan ringkas dan tidak memakan waktu banyak dalam hal teknis. Sehingga, Sob bisa fokus pada pengembangan yang lain saja.

3. Segi Keamanan

Jika kamu melakukan perbedaan dari segi keamanan, maka VPS jauh lebih aman daripada cloud hosting. Tetapi, tingkat keamanannya tetap tergantung tingkat pengetahuan dan keterampilan pengguna.

Tetapi, selain dari cyber security, VPS secara fisik juga dianggap aman, loh. Sebab, keberadaan servernya sendiri jelas dan memungkinkan pengamanan offline. 

Meskipun begitu, cloud server Indonesia juga tidak bisa kamu abaikan begitu saja dari segi keamanannya. Sebab, menggunakan cloud kamu tidak perlu melakukan apapun lagi untuk menjaga situs.

Pada beberapa penyedia layanan, bahwa cloud akan lengkap dengan basis CloudLinux dan juga anti-malware serta DDoS. Sehingga sangat aman sekali.

4. Tingkat Performa Website

Pada tingkat performa, kamu bisa membedakannya bahwa cloud hosting terbaik di Indonesia seperti milik Jagoan Hosting yang menjanjikan kinerja yang tinggi dan bisa custom resources. Di mana, kamu tidak perlu melakukan offload untuk mendapatkan kinerja sesuai keinginan.

Spesifikasi dan fitur pada layanan yang kamu pilih itu akan bertanggung jawab pada kinerja website. Sehingga, secara teknis sistem server virtual yang membuat kinerja cloud menjadi tidak tertandingi.

Sebab, ketika salah satu server sibuk akan ada server lain yang mengambil alih. Tentunya tanpa mengurangi risiko downtime pada website.

Sedangkan, VPS secara default juga menjanjikan kinerja yang tinggi. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan server fisik yang sengaja dirancang khusus. Kinerja tingginya memungkinkan kamu bisa memiliki beberapa situs secara langsung dengan panel admin.

Tetapi karena sifat pengelolaannya individu, maka performanya sendiri tergantung pada konfigurasi pemilik.

Cek Konten Lainnya:
Keunggulan Cloud Server, Bikin Website Makin Optimal

5. Harga

Terakhir, perbedaan untuk kamu buat pertimbangan adalah harga. Jika kamu mencari harga terjangkau maka VPS sangat kami sarankan karena minim budget. 

Selain itu, kamu juga bisa mengatur sistem pengelolaannya secara mandiri. Sehingga tidak membutuhkan tenaga teknis tambahan.

Sedangkan, cloud hosting lebih mahal. Hal ini memang sesuai dengan layanan yang diberikan. Di mana, kamu tidak perlu melakukan pengelolaan, sebab pemberi layanan akan mengatur dan menyesuaikan dengan request yang diinginkan.

Apalagi harga mahal ini juga sebanding dengan performa tinggi yang dijanjikan. Mengingat tingkat fleksibilitasnya juga lebih tinggi untuk meningkatkan kapasitas.

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Hosting vs VPS

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait perbedaan cloud hosting dan vps, kamu bisa juga cek dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, loh. Penasaran? Yuk simak dulu!

1. VPS

Jika kamu ingin memilih VPS, maka berikut beberapa kelebihan yang dimiliki

  • Kamu akan mendapatkan akses ke root yang memungkinkan untuk melakukan pengaturan sesuai dengan kebutuhan
  • Kamu bisa melakukan pengembangan sendiri terhadap kapasitas VPS
  • Konfigurasi keamanan akan dikelola secara penuh oleh kamu sebagai pemiliknya.

Kekurangan VPS :

  • Jika ingin menggunakan layanan VPS, maka sebagai pemilik kamu harus paham terlebih dahulu dari segi pengetahuan dan juga teknis pengelolaannya.

2. Cloud Hosting

Tidak jauh berbeda dari VPS, cloud hosting juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Beberapa kelebihannya antara lain :

  • Fleksibel karena hemat tenaga dan waktu
  • Skalabilitas tinggi
  • Terdapat server yang dapat melakukan backup sehingga layanan bisa diandalkan terutama untuk pemula
  • Tidak membutuhkan kemampuan teknis khusus

Kekurangan Cloud Hosting :

  • Memiliki kustomisasi yang terbatas
  • Kecepatan server sangat tergantung dengan kecepatan internet
  • Sangat rentan terkena cyber-attack

Website yang Cocok untuk Cloud Hosting

cloud hosting

Mungkin jika kamu masih pemula dalam hal pembuatan website dan pengoperasiannya masih bingung memilih jenis hosting. Berdasarkan pembahasan di atas kamu tentu sudah mengetahui perbedaan masing-masing.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Nameserver? Ini Cara Cek dan Fungsinya

Jadi, dapat disimpulkan bahwa jenis website yang cocok untuk cloud hosting adalah jenis blog pribadi yang sedang berkembang dan memiliki traffic tinggi. Selain itu, website bisnis kelas menengah yang sedang membangun branding juga cocok jika memanfaatkan cloud hosting.

Dapatkan Cloud Hosting Murah di Jagoan Hosting dengan kemudahan seperti drag drop builder, gratis tema premium dan gratis domain juga.

Dengan Cloud Hosting pengguna tidak perlu memikirkan langkah pengelolaan. Kamu sebagai pemilik bisa fokus saja pada pengembangan bisnis dan juga konten yang disajikan. Apalagi biayanya sendiri relatif lebih murah untuk kelas website pengembangan.

Website yang Cocok untuk VPS

vps

Jika kamu memiliki bisnis yang sangat besar dengan total pengunjung padat, maka VPS bisa dijadikan pilihan. Oleh karena itu, website yang cocok untuk VPS sejenis toko online atau e-commerce.

Kenapa demikian? Sebab, VPS memiliki sumber daya yang sangat besar jika kamu bandingkan dengan cloud hosting. Selain itu, juga bisa kamu tingkatkan sesuai kebutuhan dengan lebih cepat dan efisien, seperti VPS Murah Indonesia milik Jagoan Hosting.

Bahkan, kamu juga dapat melakukan konfigurasi server secara mandiri. Jadi, bagi pebisnis yang sudah level up, maka menggunakan VPS sangat kami sarankan mengingat kapasitas yang ditampungnya akan terus meningkat.

Penutup

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai perbedaan cloud hosting vs vps. Jadi, hosting yang manakah paling cocok? Jawabannya, sesuaikan dengan jenis website yang kamu miliki.

Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan budget sebagai faktor pendukung pengelolaan. Dengan begitu, keseluruhan proses dapat berjalan dengan baik dan teratur. Semoga informasi di atas dapat membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cPanel vs Plesk
Read More
cPanel vs Plesk: Mana yang Terbaik untuk Web Hosting?
Cpanel vs Plesk, Perubahan harga yang dilakukan oleh pihak cPanel membuat banyak penyedia web hosting mulai beralih ke…
perbedaan vps dan dedicated server
Read More
Perbedaan VPS vs Dedicated Server, Pilih yang Mana?
VPS dan dedicated server adalah dua jenis layanan hosting yang paling sering digunakan oleh individu dan bisnis saat…