8 Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar Sekaligus Menarik

cara membuat artikel yang baik dan benar

Sebagai pemula, tentu kamu bertanya-tanya bagaimana cara membuat artikel yang baik dan benar sekaligus menarik saat dibaca. Pada dasarnya, artikel bisa dikatakan baik salah satunya ketika informasi di dalamnya mudah dipahami oleh pembacanya, Sob.

Apakah kamu tertarik menjadi content writer tapi masih belum yakin dengan skill menulismu? Tenang, yuk simak tips dari Jagoan Hosting berikut ini mengenai cara membuat artikel yang baik dan benar. Check it out!

8 Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar

Tanpa disadari, saat ini hampir seluruh orang pandai menulis karena terbiasa menulis kata di dalam media sosialnya. Namun pandai menulis belum tentu memiliki sistematika penulisan yang baik lho, Sob.

Adapun dari Jagoan Hosting, beberapa cara membuat artikel yang baik dan benar adalah sebagai berikut

1. Menentukan Garis Besar Artikel (Ide, Tema, dan Topik)

Pertama, cara membuat artikel yang baik dan benar adalah dengan menentukan garis besar isinya terlebih dahulu. Dalam hal ini, garis besar meliputi ide, tema, dan topik yang akan dibahas harus sesuai dengan target pembaca. 

Kamu bisa memulai dengan mengingat kembali topik apa yang menarik perhatian. Setelah mendapat ide, maka kamu bisa mulai mengemas secara menarik dan unik topik tersebut. Selain topik, sebaiknya tentukan tema yang spesifik agar semakin menarik minat pembaca. 

Cek Konten Lainnya:
Cara Riset Keyword Youtube, Ini Tips Jitunya untuk Pemula!

Semakin spesifik tema yang kamu buat, maka akan semakin jelas target pembaca yang akan kamu dapatkan.

Apabila kesulitan mencari topik, kamu bisa melakukan riset SEO keywords dengan berbagai website yang tersedia seperti Semrush, Ubersuggest, Ahrefs, dan Google Trends. 

2. Menyusun Outline

Selanjutnya, cara menulis artikel yang baik dan benar adalah dengan menyusun kerangkanya. Pasalnya, kerangka artikel adalah hal yang dasar dan penting untuk dilakukan terutama bagi penulis pemula. 

Outline artikel memuat garis besar yang disusun secara sistematis, logis, jelas, terstruktur, dan teratur. Pembuatan kerangka artikel akan membantu dalam penulisan sehingga arah tulisan akan tertata dan menghindari penulis berhenti di tengah jalan karena kebingungan. 

Outline dapat kamu buat ke dalam bentuk mind map atau daftar yang memuat poin paragraf pembuka, subheading, dan penutup. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan komponen 5W+1H dalam membuat outline ya, Sob.

Baca juga: Menulis Artikel SEO: Apa, Untuk Apa dan Bagaimana Caranya

3. Mencari Referensi Terpercaya

Ketiga, cara menulis artikel yang baik dan benar adalah dengan mencari referensi terpercaya. Hal ini penting mengingat dalam menulis artikel, kamu membutuhkan sumber yang jelas dan referensi yang benar. 

Saat memberikan referensi terpercaya, maka pembaca pun tidak akan meragukan kredibilitas artikel yang kamu tulis.

Dedicated Hosting

Selanjutnya, akan lebih baik juga jika kamu menyertakan sumber referensi yang kamu pakai dalam artikel sehingga pembaca merasa ada validasi informasi yang mereka dapatkan.

4. Menulis Secara Singkat, Jelas, dan Tidak Bertele-tele

Saat menulis artikel, sebaiknya gunakan kalimat efektif yang mudah dipahami dan to the point, Sob. Kurangi pengulangan kata untuk memperpanjang artikel atau memperbanyak jumlah kata karena membuat kalimat yang ditulis menjadi sulit dipahami dan membosankan. 

Cek Konten Lainnya:
12+ Kriteria Website User Friendly yang Wajib Diketahui

Salah satu tips menulis artikel yang baik adalah dengan memuat informasi dengan kata-kata yang jelas sehingga pembaca bisa menemukan pemahaman maksimal. Idealnya, satu artikel memuat sebanyak 500 hingga 1000 kata. 

5. Menulis Paragraf Singkat Namun Berisi dan To The Point

Perlu diketahui, penulisan paragraf berpengaruh pada pembaca artikelmu nantinya. Cara membuat artikel yang baik dan benar seperti paragraf yang langsung to the point akan mendorong pembaca untuk lanjut membaca hingga akhir. 

Jika kamu menuliskan paragraf pertama dengan menarik tanpa bertele-tele, artikelmu akan memiliki nilai lebih untuk minat baca pembaca. Sebaliknya, jika kamu memasukkan berbagai kalimat yang tidak sesuai dengan bahasan maka tulisan artikelmu akan dipertanyakan. 

Baca juga: Tips Blogging untuk Pemula dan Kesalahan yang Harus Dihindari

6. Menambahkan Keterangan Gambar, Tabel, Atau Grafik

Cara menulis artikel yang baik dan benar berikutnya adalah dengan menambahkan beberapa keterangan gambar, tabel, atau grafik yang dapat mendukung pembahasan artikel.

Sehubungan dengan ini, kamu dapat menambah beberapa visualisasi sehingga pembaca merasa dimudahkan dengan gambar, tabel, atau grafik yang terlihat. 

Penggunaan grafik selain berfungsi untuk memudahkan gambaran bagi pembaca, juga dapat menjadi poin untuk menarik mereka menuju artikel.

7. Menulis Judul yang Membuat Penasaran

Menulis judul yang membuat penasaran adalah salah satu tips menulis artikel yang baik. Walau terlihat sederhana, namun ternyata menulis judul artikel yang membuat penasaran sangat berdampak pada pembaca. 

Saat pembaca melihat judul yang menimbulkan tanda tanya maka mereka cenderung akan membuka artikel agar mendapat jawabannya.

Nah sebaiknya, hindari pembuatan judul yang terlalu panjang dan rumit karena hal ini juga disarankan oleh website dalam penulisan artikel yang akan di posting.

Cek Konten Lainnya:
10 Contoh Deskripsi Produk yang Menarik & Cara Buatnya

Coba kamu bandingkan judul artikel “Tips Membeli Handphone Murah Berkualitas Tanpa Rugi” dengan “Cara Mendapatkan Handphone dengan Harga Terbaik”. 

Dari kedua judul tersebut, kalimat judul pertama lebih menarik, bukan? Alasannya karena judul pertama memiliki narasi yang menimbulkan rasa penasaran bagi pembaca dibanding judul kedua yang terlihat lebih kaku. 

8. Rajin Berlatih Menulis Secara Rutin

Tips menulis artikel yang baik terakhir adalah dengan rajin berlatih secara rutin. Perlu dipahami, kamu tidak bisa langsung menjadi ahli hanya dalam menulis satu artikel saja. 

Kamu butuh berlatih secara rutin agar metode penulisanmu semakin baik dan memberi dampak lebih besar bagi pembaca.

Dengan memulai rutinitas berlatih, maka menulis artikel tidak lagi menjadi suatu beban untuk kamu tetapi menjadi sebuah satu kebiasaan baru tanpa disadari.

Untuk rajin berlatih menulis, kamu dapat membiasakan menulis tulisan pendek yang ringan di sosial media ataupun di blog pribadimu tanpa mengharuskan menyelesaikan artikel panjang.

Nah Sob, itulah beberapa tips dan cara membuat artikel yang baik dan benar sekaligus menarik di mata pembaca. Tips di atas cocok untuk kamu terapkan sebagai pemula dalam dunia kepenulisan. Selamat mencoba dan jangan lewatkan tips sejenisnya di Blog Jagoan Hosting!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Copywriting adalah
Read More
Apa itu Copywriting? Contoh, Manfaat & Tekniknya
Apa itu Copywriting? Copywriting adalah sebuah konten yang seakan-akan mampu menghipnotis pembacanya untuk membeli atau melakukan action terhadap…
conversion adalah
Read More
Apa itu Conversion dalam Marketing? Jenis & Cara Hitung Ratenya
Sudah pernah mendengar istilah conversion? Conversion adalah istilah yang merujuk pada upaya untuk mengubah kunjungan website menjadi sesuatu…