Apa itu Digital Marketing? Strategi, Manfaat & Jenisnya

digital marketing adalah

Digital marketing adalah strategi pemasaran yang diterapkan dengan memanfaatkan platform digital untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa. Penerapan strategi ini tentu mengikuti perkembangan era digital yang menuntut tim pemasaran untuk menjangkau konsumen mereka di internet demi keberhasilan target.

Tidak bisa dipungkiri bahwa penerapan strategi digital marketing berdampak signifikan pada pemasaran produk atau jasa. Selain itu, model pemasaran ini juga dinilai lebih dinamis, sehingga satu strategi tidak bisa terus diimplementasikan seterusnya. Faktor jenis platform yang digunakan dan segmentasi audiens juga menjadi elemen penentu.

Lalu, sebenarnya apa itu digital marketing dan seperti apa saja jenis digital marketing? Simak penjelasannya di artikel berikut ini ya, Sob!

Apa itu digital marketing?

digital marketing adalah

Digital marketing adalah sebuah aktivitas pemasaran yang dilakukan melalui media digital, baik melalui media sosial atau iklan digital. Meningkatnya penggunaan internet dan media sosial telah mengubah strategi pemasaran dalam mempromosikan brand, produk, atau jasa kepada konsumen.

Pada dasarnya, tujuan utama digital marketing adalah menjangkau konsumen seluas-luasnya. Jika, melalui cara konvensional hal tersebut terbilang sulit dan membutuhkan biaya besar, strategi digital marketing memberikan solusi untuk membuatnya lebih efektif.

Penerapan strategi digital marketing adalah sebuah metode memanfaatkan potensi dari banyaknya pengguna media digital untuk mencapai target penjualan. Selain itu, manfaat digital marketing adalah menjangkau para pembeli potensial karena sejumlah fitur iklan pada sosial media memungkinkan untuk melakukan segmentasi secara detail.

Strategi digital marketing

Hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan strategi digital marketing adalah cara pendekatannya. Media sosial dan platform digital lainnya bersifat sangat dinamis. Selain itu, pengguna kurang tertarik jika pemasaran dilakukan menggunakan teknik hard-selling. 

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengimplementasikan strategi digital marketing:

Menentukan buyer persona

Buyer persona pada digital marketing adalah profil target konsumen yang menjadi acuan untuk menyusun jenis dan strategi pemasaran. Anda perlu menentukan dan membuat buyer personal secara spesifik. Dengan demikian, iklan ataupun strategi pemasaran yang dilakukan dapat berjalan sesuai rencana dan tepat sasaran.

Mengidentifikasi tren pada segmen pasar

Setelah menentukan buyer personal, hal yang perlu dilakukan dalam penerapan digital marketing adalah mengidentifikasi kebutuhan mereka. Apa saja kesukaan mereka? Apa permasalahan mereka? Dan pendekatan seperti apa yang mereka sukai?

Hal tersebut dapat membantu Anda untuk memberikan jenis iklan atau cara pemasaran yang sesuai. Data tersebut dapat diperoleh melalui riset pasar, mengikuti forum diskusi online terkait, atau bergabung di Twitter Spaces. 

Menyusun marketing plan

Strategi tanpa rencana sama saja seperti berperang tanpa senjata. Hal terpenting sebelum eksekusi digital marketing adalah penyusunan marketing plan. Riset buyer persona akan berakhir sia-sia tanpa adanya perencanaan matang dan hanya akan berisiko kegagalan. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu SEO? Cara Kerja, Fungsi & Strateginya

Marketing plan pada digital marketing adalah perencanaan strategi pemasaran untuk mencapai target dalam periode tertentu. Dengan adanya perencanaan ini, promosi yang dilakukan dapat lebih terfokus dan berjalan efisien.  

Baca juga: Apa itu Customer Journey? Langkah, Manfaat & Contohnya

Mengoptimalkan media pada digital marketing

Di tengah maraknya penggunaan media sosial, ada banyak jenis platform untuk dimanfaatkan dan dioptimalkan dalam mencapai target digital marketing. Media tersebut dapat Anda gunakan untuk memperluas jangkauan bisnis. Namun, perlu diketahui bahwa setiap jenis media sosial memiliki karakteristik khas. Oleh karena itu, pastikan juga untuk menyesuaikan strategi Anda berdasarkan media yang dipilih.

Menerapkan strategi copywriting

Meskipun beralih menggunakan media digital, penggunaan kata-kata persuasif tetap di butuhkan dalam digital marketing. Misalnya, Anda tetap harus membuat kalimat atau caption yang menarik untuk konten Instagram. Hal inilah yang kemudian di sebut sebagai copywriting. 

Copywriting adalah teknik menulis yang bertujuan untuk membujuk orang lain agar melakukan aksi yang di inginkan. Hal ini tentu membutuhkan kemampuan tersendiri terutama jika ingin menyampaikan pesan promosi secara implisit. 

Evaluasi dan perbaikan

Di akhir pelaksanaan promosi atau suatu campaign, pastikan untuk selalu melakukan evaluasi. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah strategi digital marketing yang diterapkan berhasil mencapai target atau belum. Lakukan pengecekan apakah usaha atau modal yang di keluarkan sebanding dengan hasil yang di peroleh.

Untuk mempermudah proses evaluasi, akan lebih baik jika Anda telah menyiapkan metrik. Hal ini akan mempermudah proses identifikasi bagian mana yang perlu di pertahankan, di perbaiki, dan di hapus.

Manfaat digital marketing

Ada sejumlah manfaat digital marketing yang bisa di peroleh sebuah bisnis untuk melancarkan dan memperluas jangkauan promosi mereka. Berikut beberapa di antaranya:

Jangkauan luas

Manfaat utama digital marketing adalah memberi jangkauan yang lebih luas. Pengguna internet dan sosial media sudah semakin meningkat sehingga besar kemungkinan ada banyak pembeli potensial di area digital tersebut. Oleh karena itu, manfaat digital marketing adalah memberi kesempatan kepada sebuah bisnis untuk lebih mudah dalam menjangkau mereka.

Baca juga: Internet of Things (IoT) : Pengertian, Manfaat, Contoh, Cara Belajar

Efektif dan efisien

Penerapan digital marketing adalah solusi untuk strategi pemasaran yang praktis, efektif, dan efisien. Suatu bisnis tidak membutuhkan biaya sangat besar untuk melakukan iklan seperti pada cara konvensional. Selain itu, strategi ini juga bisa dilakukan dengan mudah dan dari mana saja, baik itu meja kantor atau di rumah.

Ada beragam tools digital marketing dan platform media digital yang bisa di gunakan untuk mengoptimalkan cara ini. Dengan demikian, baik proses pemasaran produk maupun membangun sebuah branding dapat di lakukan dengan lebih mudah.

Membentuk branding 

Digital marketing adalah salah satu cara untuk membangun branding dengan pendekatan yang lebih menarik. Kamu tidak perlu hanya menjual produk untuk mengenalkan nama brand kepada konsumen. Pendekatan pada digital marketing pada umumnya lebih mengarah pada soft-selling.

Selain itu, manfaat digital marketing adalah untuk menandakan kehadiran suatu brand di media online. Hal ini tentu berfungsi memudahkan pencarian secara digital oleh para pembeli potensial.

Cek Konten Lainnya:
Mengenal ROAS, Rumus Cara Hitung dan Tipsnya

Kemudahan evaluasi

Evaluasi juga dapat di lakukan dengan mudah dan lebih terukur dengan di terapkannya digital marketing. Salah satu manfaat digital marketing ini akan membantu tim pemasaran untuk mengecek bagian mana yang perlu di tingkatkan atau diganti.

Selain itu, platform media digital juga banyak yang memberikan informasi terkait untuk mempermudah evaluasi, seperti jumlah jangkauan konten iklan, konversi, dan jumlah penonton.

Konsep Digital Marketing

Digital marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan produk atau layanan melalui berbagai saluran digital seperti website, media sosial, email, dan mesin pencari. Konsep digital marketing meliputi beberapa aspek berikut:

Audiens

Digital marketing memfokuskan pada pengguna digital, sehingga perlu memahami perilaku, kebutuhan, dan preferensi audiens target.

Konten

Konten yang di buat harus relevan, menarik, dan informatif agar dapat menarik perhatian audiens dan membangun kepercayaan.

Channel

Ada berbagai saluran digital yang bisa di gunakan untuk mempromosikan produk atau layanan seperti media sosial, mesin pencari, email, dan situs web.

Teknologi

Teknologi digital memungkinkan digital marketing menjadi lebih efektif, termasuk alat analitik, perangkat mobile, dan platform pengoptimalan mesin pencari (SEO) atau pengiklanan berbayar.

Pengukuran dan analitik

Digital marketing memungkinkan untuk melakukan pengukuran dan analitik yang lebih akurat terhadap efektivitas kampanye pemasaran, seperti jumlah klik, tayangan iklan, konversi, dan lain-lain.

Integrasi

Digital marketing juga harus di integrasikan dengan strategi pemasaran tradisional untuk memastikan pengalaman konsumen yang konsisten dan efektif.

Optimasi

Optimasi terus-menerus perlu di lakukan untuk meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran digital Anda dengan mengoptimalkan saluran, konten, dan audiens yang tepat.

Jenis digital marketing

Pada dasarnya, ada banyak jenis digital marketing yang bisa di terapkan melalui beragam pilihan platform media digital. Berikut adalah beberapa yang paling sering di gunakan dalam digital marketing adalah:

Social media marketing

social-media-marketing

Seiring dengan meningkatnya minat pada penggunaan media sosial, melakukan promosi di media ini tentu akan memberikan nilai yang signifikan untuk target pemasaran. Ada beberapa platform media sosial yang bisa digunakan, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

Namun, perlu di ketahui bahwa setiap media sosial memiliki karakteristik masing-masing. Jadi, kamu harus menyesuaikan strategi sesuai dengan hal tersebut. Selain itu, media sosial juga mulai di lengkapi fitur khusus yang semakin membantu untuk promosi.

Baca juga: Era Revolusi Industri 4.0 : Semua Hal Yang Perlu Kamu Ketahui

Search Engine Optimization

search engine optimization

Search Engine Optimization atau SEO adalah salah satu teknik yang berfungsi untuk mendapatkan rangking atas di halaman pencarian Google. Teknik ini di nilai efektif untuk membangun brand dan meningkatkan kunjungan pada website yang berpotensi konversi, baik pembelian atau pengunduhan. 

Search Engine Marketing

Lain dari SEO, Search Engine Marketing (SEM) adalah teknik yang di lakukan khusus untuk memenangkan iklan di halaman pencarian Google. Pihak pemasar biasanya akan di kenakan biaya untuk setiap klik dari pengunjung yang ia peroleh.

Sebelum menggunakan jenis digital marketing ini, pastikan untuk melakukan riset target konsumen dan jenis produk yang sesuai dengan mereka. Jika tidak, kamu tentu hanya akan membayar biaya namun konversi kecil.

Native advertising

Jenis digital marketing berupa native advertising biasanya banyak di temukan di sejumlah platform media sosial, seperti Twitter. Sederhananya, native advertising dalam digital marketing adalah jenis konten berbayar yang menjadi bagian fitur media sosial.

Cek Konten Lainnya:
Cara Riset Keyword Youtube, Ini Tips Jitunya untuk Pemula!

Berbeda dari iklan pada umumnya, konten ini terlihat seperti konten bukan iklan. Dengan demikian, potensi pengguna untuk mengklik di nilai lebih tinggi. Selain itu, native ads ini hanya akan muncul di laman pengguna yang relevan saja.

Email Marketing

email marketing

Email Marketing adalah proses mengirim pesan melalui email untuk mempromosikan produk atau layanan Anda, membangun hubungan dengan pelanggan, dan meningkatkan penjualan

Affiliate Marketing

affiliate marketing

Affiliate marketing merupakan proses menggandeng partner atau afiliasi untuk mempromosikan produk atau layanan dan memberikan komisi atau imbalan kepada mereka atas setiap penjualan yang terjadi melalui link afiliasi mereka.

Content Marketing

Content marketing merupakan proses membuat konten yang bermanfaat dan menarik untuk target audiens, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran merek, membangun kepercayaan, dan meningkatkan penjualan.

Influencer Marketing

influencer marketing

Menggandeng influencer atau orang terkenal di media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan kepada pengikut mereka.

Kelebihan Digital Marketing

Digital marketing memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

Target audience yang lebih spesifik

Digital marketing memungkinkan kamu untuk menargetkan calon pelanggan secara spesifik berdasarkan karakteristik demografis, perilaku, minat, dan lain-lain. Dengan cara ini, kamu bisa lebih efektif dalam menjangkau audiens yang sesuai dengan target bisnismu.

Lebih hemat biaya

Digital marketing memungkinkan kamu untuk menghemat biaya marketing dengan menggunakan berbagai alat online yang lebih terjangkau di bandingkan dengan iklan tradisional seperti televisi atau radio. Misalnya, kamu bisa menggunakan media sosial, email marketing, atau optimasi mesin pencari (SEO) untuk mempromosikan produk atau layanan.

Pengukuran yang lebih akurat

Digital marketing memungkinkan untuk melakukan pengukuran yang lebih akurat terhadap efektivitas campaign marketing. Kamu bisa mengukur berbagai metrik seperti jumlah klik, tayangan iklan, konversi, dan lain-lain. Dengan cara ini, kamu bisa mengevaluasi campaignmu dan mengambil keputusan yang lebih tepat.

Fleksibilitas yang lebih besar

Digital marketing memungkinkan kamu untuk menyesuaikan strategi pemasaran secara lebih fleksibel dan cepat. Kamu bisa mengubah kampanye pemasaran sesuai dengan perubahan pasar atau kebutuhan bisnis tanpa harus mengubah strategi secara menyeluruh.

Dapat diakses kapan saja dan di mana saja

Digital marketing memungkinkan untuk menjangkau pelanggan kapan saja dan di mana saja, baik melalui desktop maupun mobile. Ini memudahkan pelanggan untuk mengetahui produk atau layananmu, melakukan pembelian, atau membuat janji temu.

Lebih interaktif dan engagement yang lebih tinggi

Digital marketing memungkinkan untuk membangun interaksi yang lebih kuat dan engajemen yang lebih tinggi dengan pelanggan melalui berbagai saluran seperti media sosial, email, atau konten digital. Ini bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan dan memperkuat hubungan dengan mereka.

Itulah uraian mengenai digital marketing, Sob! Pada dasarnya, digital marketing adalah teknik pemasaran secara digital. Pihak pemasar pun dapat memilih jenis digital marketing yang sesuai dengan kebutuhan mereka, seperti penentuan platform digital. Jadi, strategi mana yang ingin kamu terapkan untuk digital marketing kamu, Sob?

2 comments
  1. artikel luarbiasa, memang terkadang kebanyakan teori membuat bingung bagaimana cara yang tepat untuk bisnisnya, tetapi ketika membaca kita akan tau dasar-dasarnya.
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
marketing plan
Read More
Marketing Plan: Inilah Contoh dan Cara Buatnya
Tentara yang terjun ke medan perang tanpa rencana sama saja menyerahkan nyawa cuma-cuma. Hal yang sama turut berlaku…
Read More
Meningkatkan Kualitas Akun Instagram Lewat Feed? Lakukan 5 Tips Berikut!
Tahun 2018 jadi tahun yang baru buat para pengguna Instagram, karena simply Instagram menanamkan algoritma yang baru. Dimana…