Google Analytics 4: Fitur Baru, Kelebihan dan Kekurangan

google analytics 4

Google analytics bukan istilah baru dalam dunia digital, terlebih jika kamu bekerja dalam bidang digital marketing. Nah, kini telah hadir Google Analytics 4 sebagai bentuk upgrade terbaru dari properti Google.

Sebagai tools yang digunakan untuk proses analisis, apa saja sih yang membedakan Google Analytics 4 dengan versi sebelumnya atau dikenal dengan Universal Google Analytics. Yuk simak perbedaan dan kelebihannya!

Apa itu Google Analytics 4?

Jika kamu merupakan seorang praktisi dunia digital marketing, Google Analytics 4 adalah salah satu tools yang wajib kamu pertimbangkan. 

Dibandingkan Google Analytics biasa, Google Analytics 4 adalah upgrade terbaru dari Google untuk proses analisis yang lebih baik.

Selain menyediakan layanan web analytic di mana kamu dapat melihat statistik untuk SEO dan keperluan digital marketing, kamu juga bisa mengintegrasi tool ini dengan Google Ads Sob! 

Google Analytics sudah memperbarui versinya menjadi Google Analytics 4 pada bulan oktober 2020. Google Analytics adalah fitur dari Google untuk membantu pemilik website ataupun aplikasi dalam mengetahui statistik pengunjung dengan lebih lengkap.

Dengan machine learning yang lebih baik, Google Analytics 4 dapat lebih baik menyiapkan untuk mengolah segudang data terkait dengan produk yang ditangani.

Perbedaan Google Analytics 4 dan Universal Google Analytics

Pada pembahasan ini, Jagoan Hosting juga akan membahas mengenai perbedaan Google Analytics 4 dan Universal Google Analytics. Check it out!

1. Reporting Interface

Dibanding Google Analytics versi lama, tampilan pada menu reporting Google Analytics 4 terlihat lebih banyak menu pelaporan dan metrik data yang cukup sulit untuk dimengerti.

Cek Konten Lainnya:
Inilah Definisi CRM, Manfaat, Metode & Strateginya

Akan tetapi, tentu sudah disesuaikan agar lebih pas dengan keadaan pengguna agar memudahkan dalam melacak peristiwa yang terjadi pada website pengguna.

2. Measurement Model

Google Analytics versi lama menggunakan model pengukuran yang didasarkan pada sesi dan tayangan halaman.

Dalam hal ini untuk melacak data yang berarti menganalisa, mengumpulkan dan menyimpan informasi seperti tayangan halaman, peristiwa, transaksi sebagai klik, dan pengukuran dari setiap tindakan yang diambil oleh pengguna dalam jangka waktu tertentu.

Sedangkan Google Analytics 4 menggunakan model pengukuran yang didasarkan pada peristiwa dan parameter. Tampilan halamannya juga dianggap sebagai peristiwa, dengan menggunakan model berbasis event untuk pelacakan data.

Di mana setiap aktivitas yang dilakukan oleh pengguna, Google Analytics 4 akan menganalisanya sebagai suatu peristiwa yang akan memiliki informasi yang lebih detail.

3. Ecommerce Tracking

Ecommerce Tracking yang disediakan oleh Google Analytics 4 ini masih dalam tahap awal. Jadi tidak seakurat yang ada pada Google Analytics versi lama.

4. Advanced Analysis Reports

Dibanding Google Analytics versi lama, tampilan pelaporan properti pada Google Analytics 4  hadir dengan sekumpulan laporan baru yang disebut “Analysis” yang memungkinkanmu untuk melakukan analisa lanjutan.

Dengan Advanced Analysis Reports yang dimiliki Google Analytics 4, kamu bisa lebih memahami perjalanan pelanggan dengan baik di seluler dan web, bahkan lewat saluran pemasaran yang berbeda.

Baca juga: Google Search Console: Apa itu dan Pentingkah bagi WebMaster

Manfaat Google Analytics 4

Adapun beberapa manfaat dari Google Analytics 4 adalah sebagai berikut:

1. Analisa Visitor Website

Google Analytics 4 dapat memudahkan pemilik website untuk bisa mengetahui darimana visitor website berasal. Sehingga dapat berguna untuk menentukan strategi dalam mengembangkan bisnis yang akan kamu lakukan.

2. Analisis Konten yang Populer

Konten adalah hal yang sangat penting pada website Sob! Dengan Google Analytics 4, kamu dapat melakukan analisis konten yang memiliki potensi dan populer.

Dengan menggunakan layanan dari Google ini, kamu dapat mengetahui dari jumlah kunjungan visitor dan tren terhadap suatu konten di artikelmu Sob!

Cek Konten Lainnya:
Apa itu OKR? Manfaat, Komponen, dan Contoh

3. Optimasi Kata Kunci

Setelah mengetahui bagaimana menganalisis konten, kamu juga perlu mengoptimasi kata kunci dari kontenmu Sob!

Google Analytics 4 juga berperan penting dalam menentukan keyword apa saja yang sering diketik oleh pengunjung di website. Hal ini tentu penting karena sebagai cara untuk mengukur optimalisasi SEO pada website milikmu.

Kelebihan Google Analytics 4

Berikut 5 kelebihan Google Analytics 4 yang dapat mempermudah untuk kebutuhan websitemu Sob.

1. Track Click Otomatis

Jika di versi sebelumnya kamu tidak bisa mendapatkan informasi click event secara otomatis, kini kamu bisa mendapatkan informasi click dan dapat di track secara otomatis. Tentunya ini berkat kehadiran fitur enhanced measurement yang ada di dalam Google Analytics 4 ini.

2. Page View Menjadi Event

Di versi sebelumnya, Page View dikategorikan di dalam session level. Pada Google Analytics 4, Page View sudah menjadi peristiwa atau event yang sama seperti click maupun visit. Ini membuatmu lebih mudah dalam melakukan pendataan.

Page View sendiri juga memiliki parameter, sama seperti event pada umumnya. Di mana ini akan membuat pengecekan data pada Page View menjadi lebih mudah.

3. Mendukung Debug View

Di versi sebelumnya, kamu tidak bisa melakukan debugging dengan mudah. Bahkan kamu perlu pengetahuan coding yang cukup advanced untuk bisa memahami maksudnya.

Pada Google Analytics 4, metode debug sudah mendukung Graphic User Interface yang jauh lebih sederhana.

4. Event Parameter yang Fleksibel

Di versi sebelumnya, kamu hanya dibatasi dengan 4 event parameter yaitu Category, Action, Label, dan Value.

Pada Google Analytics 4, kamu dapat menambahkan event parameter sesuai dengan definisi sendiri dan tentunya tidak ada standar baku dalam penamaan event ini.

5. Bisa Menampilkan Full URL Tanpa Konfigurasi Tambahan

Ini dia yang paling seru dari Google Analytics 4, yaitu tidak perlu lagi mengeset filter tambahan jika ingin tahu URL full dari page view atau event yang terjadi. Di mana pada versi sebelumnya, kamu hanya bisa melihat page path dari URL yang ditampilkan.

Cek Konten Lainnya:
Ini Bedanya Domain Email Bisnis dan Domain Email Gratis, Sob!

Fitur ini sangat membantu jika kamu menggunakan subdomain (contoh: blog.example.com). Mengingat subdomain tidak akan ditampilkan dalam laporan Analytics yang biasa. Namun di Google Analytics 4 semua URL akan ditampilkan full secara default.

Baca juga: Google Keyword Planner Tools: Untuk Apa dan Bagaimana Caranya?

Lalu, Apakah Harus Ganti dari GA Versi 3 ke 4?

Setelah mengetahui manfaat dan kelebihan dari Google Analytics 4, pertanyaannya, apakah harus ganti dari Google Analytics versi lama  ke Google Analytics 4? Jagoan Hosting menyarankan para digital marketer untuk menggunakan Google Analytics 4 mulai sekarang.

Setidaknya, kamu perlu mulai melakukan setup-nya meskipun belum langsung mulai memakai Google Analytics 4. Google Analytics 4 dapat beroperasi bersama dengan Google Universal Analytics.

Jadi, kamu tetap bisa mengumpulkan data dan membuat model machine learning yang kuat untuk analisis mendalam di waktu mendatang. Semakin awal kamu mulai melakukannya, semakin banyak data yang bisa dikumpulkan.

Cara Setup Google Analytics 4

Setelah sudah berencana beralih ke Google Analytics 4. Kamu perlu mengetahui bagaimana cara setup-nya Sob! Caranya pun cukup mudah, yaitu:

  • Login ke akun Google Analytics
  • Klik “Admin” di pojok kiri bawah
  • Pilih akun yang diinginkan
  • Pilih properti yang diinginkan
  • Klik “GA4 Setup Assistant“
  • Klik “Get Started“
  • Pilih tombol “Create property“

Dengan mengikuti langkah-langkah setup mudah ini, kamu sudah dapat mulai menggunakan Google Analytics 4. Langkah selanjutnya adalah melakukan penyesuaian sesuai dengan kebutuhanmu.

Itu dia Sob penjelasan mengenai apa itu Google Analytics 4 dan berbagai kelebihannya. Jika ditanya, mana yang lebih baik dari sebelumnya, maka jawabannya sudah pasti akan maksimal jika kamu upgrade ke versi Google Analytics terbaru Sob!

Yuk simak terus Blog Jagoan Hosting untuk info terbaru seputar dunia bisnis hingga teknologi lainnya, Sob!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cara membuat brand sendiri
Read More
11+ Cara Membuat & Membangun Brand Sendiri yang Kuat
Sampai saat ini, ternyata masih banyak lho pelaku bisnis yang susah berkembang karena gak tahu cara membuat brand…
Digitalisasi Bisnis
Read More
Digitalisasi Bisnis : Saatnya Bisnis Berkembang di Era Revolusi Industri 4.0
Di era revolusi industri 4.0 banyak perusahaan saling senggol dan adu cepat menerapkan teknologi terbaru untuk menjadi yang…