Mengamankan website wordpress sangat penting, Tapi banyak orang kurang peduli terhadap keamanan websitenya. Padahal, Keamanan yang kurang dapat menimbulkan hal buruk, Seperti; Peretasan, Pencurian data, Deface, DDoS, dll.

Sebagai pemilik website, Kamu harus mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan untuk melindungi website kamu dari peretas, spammer, dan penyusup jahat. Melindungi website dari ancaman mungkin tampak seperti tugas yang rumit, terutama untuk pemula, tetapi sebenarnya tidak.

Pada artikel ini kamu akan belajar bagaimana cara menjaga keamatan website wordpress dari serangan peretas dan spammer. Berikut panduan mengamankan website wordpress dari serangan hacker 

1. Pilih Penyedia Hosting yang Aman

Pastikan kamu memilih penyedia hosting yang aman dan terpercaya, Hal tersebut meminimalisir terjadi hal yang tidak diinginkan karena penyedia hosting tidak jujur. Penyedia hostinglah yang pertama kali memastikan keamanan server yang dijadikan sebagai web hosting.

Dalam hal ini diperlukan penyedia cloud shared hosting yang baik agar selalu mengambil keputusan dan langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi server mereka dari ancaman.

Maka dari itu kamu harus memilih penyedia hosting yang aman dan terpercaya, Dan jawabannya yaitu Jagoan Hosting. Jagoan Hosting merupakan penyedia hosting sejak 2007 dan memiliki sertifikat ISO 27001 yang berarti Jagoan Hosting memiliki Standar Keamanan Internasional.

Selain itu, Server Jagoan hosting dikelola oleh para expert dalam bidangnya dan sudah bersertifikasi internasional. Dan untuk keamanan server Jagoan hosting menerapkan multiple security untuk memastikan data user selalu aman.

2. Install SSL

Fitur keamanan utama lainnya yang harus kamu perhatikan untuk menjaga keamanan website adalah SSL Certificate. SSL membantu kamu mengamankan koneksi antara website dan user kamu yang membantu dalam menjaga informasi pribadi, transaksi eCommerce, dan data sensitif lainnya aman.

Ketika kamu menggunakan Cloud Hosting Jagoan Hosting, Kamu bisa mendapatkan SSL secara gratis. Kamu tinggal memasang SSLnya, agar website kamu jauh lebih aman. Sebelum itu, Apakah kamu tahu antara SSL gratis atau SSL berbayar, Baca informasinya dengan klik link tersebut.

3. Install Plugin Security

Untuk menjaga website kamu tetap aman dari serangan hacker dan spammer, kamu bisa menginstall plugin security. Plugin Security menawarkan perlindungan paling banyak pada situs web; Seperti:

  • Sucuri,  Sucuri adalah solusi mengamankan website wordpress cloud yang lengkap dan akan melindungi situs kamu dari malware, serangan brute force, dan segala ancaman potensial lainnya.
  • Wordfence, Wordfence adalah plugin keamanan website terbaik, Plugin ini menawarkan plugin gratis yang mencakup fitur-fitur penting seperti firewall aplikasi web, pemindai malware, dan perlindungan dari serangan brute force.

4. Gunakan User dan Password yang Unik dan Kuat

Cara super mudah lain untuk melindungi website kamu adalah dengan menggunakan kata sandi yang kuat dan unik. 8% dari pelanggaran keamanan WordPress terjadi sebagai hasil dari kata sandi yang lemah. Memilih kata sandi yang kuat dan aman adalah perubahan sederhana yang dapat kamu lakukan yang akan melindungi dari peretasan.

Kamu juga harus memilih nama pengguna yang kuat untuk admin WordPress kamu. Nama pengguna yang kuat sama pentingnya dengan memilih kata sandi yang kuat. Karena tentu saja, jika seorang hacker mencoba masuk website kamu maka, mereka perlu mengetahui kata sandi dan nama pengguna kamu.

5. Terapkan Batasan Upaya Masuk

Salah satu cara mengamankan website wordpress dengan membatasi upaya masuk. Secara default, WordPress memungkinkan pengguna untuk mencoba masuk sebanyak yang mereka inginkan. Ini tidak ideal jika kamu ingin mencegah peretas mencoba mencari tahu kata sandi kamu dan memasuki situs web kamu. Jadi, batasi upaya login untuk mencegah penemuan kata sandi brute force.

6. Selalu Update Plugin dan Theme

Adanya Update plugin dan theme berarti plugin yang diupdate mendapatkan versi yang lebih baik, Biasanya karena terjadi update fitur atau terdapat bug yang mengharuskan developernya melakukan update. 

Selalu Update Plugin dan Theme meminimalisir terjadinya serangan hacker yang memanfaatkan bug dari theme atau plugin. Maka dari itu kamu harus rajin update plugin dan theme.

7. Disable File Editing

Jika seorang penyusup kebetulan mendapatkan akses ke website kamu, mereka dapat dengan mudah mengedit file-file plugin dan theme PHP di dalam antarmuka admin WordPress. Karena risiko keamanan yang ditimbulkannya, kami sarankan kamu mematikan fitur ini.

Jika kamu telah mengunduh plugin keamanan seperti Sucuri, Kamu dapat melakukan ini dengan mudah dengan fitur Pengerasan mereka. Kamu juga dapat mematikan fitur ini dengan menambahkan sepotong kecil kode ke website kamu. Dalam file wp-config.php tambahkan kode berikut:

// Disallow file edit

define( ‘DISALLOW_FILE_EDIT’, true );

8. Sediakan Backup untuk Mengamankan Website WordPress

Backup berfungsi untuk menyimpan data terbaru agar ketika terjadi peretasan atau kehilangan data maka kamu bisa merestore data kamu. Hal ini sangat penting karena sangat penting, PAstikan jangan lupa untuk membackup website kamu.

Nah itulah informasi mengenai cara mengamankan website wordpress kamu, Kamu bisa mengikuti panduan diatas untuk cara menjaga keamanan website wordpress.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like