Social media marketing atau pemasaran media sosial menjadi salah satu metode pemasaran paling populer saat ini. Bagaimana tidak, Saat ini pengguna media sosial sangatlah banyak sehingga banyak orang menarget media sosial untuk menemukan konsumen yang tepat dan membangun citra perusahaan.

Artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai social media marketing, mulai dari definisinya, kelebihan sosial media dibanding jenis marketing lainnya hingga cara membuat strategi pemasaran sosial media.

Apa itu Social Media Marketing?

Social media marketing adalah suatu tindakan untuk menciptakan konten dan mempromosikan bisnis serta produk di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Platform media sosial akan membantu untuk terhubung pada audiens dengan tujuan membangun brand, meningkatkan penjualan, dan mengarahkan lalu lintas situs web.

Hal ini berarti kamu diharuskan untuk membuat konten unik yang harus disesuaikan dengan tujuan untuk meningkatkan konversi dan meningkatkan brand awareness.

Selain itu, Sosial media digunakan untuk memenuhi target audiens kamu dan pelanggan di mana mereka berada dan saat mereka berinteraksi secara sosial satu sama lain dan merek Anda.

Bisa dikatakan jika pemasaran sosial media melibatkan penerbitan konten unik di profil media sosial kamu, mendengarkan dan melibatkan pengikut Anda, menganalisis hasil, dan menjalankan iklan media sosial.

Mengapa Menggunakan Social Media untuk Marketing?

Social Media Marketing
Pengguna Social Media di Indonesia | Source : tertera

Seberapa potensial media sosial digunakan untuk meningkatkan konversi penjualan dan meningkatkan brand awareness? Saat ini platform media sosial utama adalah Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Pinterest, YouTube, dan Snapchat.

Sebelum mengetahui tentang mengapa menggunakan social media untuk marketing, Kamu ketahui terlebih dahulu tentang segmentasi strategi berdasarkan platform. Berikut daftar sosial media untuk marketing dan segmentasinya:

1. Facebook

  • Jumlah Pengguna: 2.5 Miliar
  • Audience: Generation X dan millennials
  • Baik untuk Industri: B2C
  • Terbaik untuk: Meningkatkan brand awareness dan advertising

2. Twitter

  • Jumlah Pengguna: 335 Miliar
  • Audience: Utama Millennials
  • Baik untuk Industri : B2B dan B2C
  • Terbaik untuk: Berhubungan dengan masyarakat dan pelayanan pelanggan

3. Instagram

  • Jumlah Pengguna: 1 Miliar
  • Audience: Utama Millennials
  • Baik untuk Industri : B2C
  • Terbaik untuk:  User-Generated Content dan Advertising

4. LinkedIn

  • Jumlah Pengguna: 645 Juta
  • Audience: Baby boomers, Generation X, dan millennials
  • Baik untuk Industri : B2B
  • Terbaik untuk:  B2B relationships, business development, dan pemasaran tenaga kerja

5. Pinterest

  • Jumlah Pengguna: 250 Juta
  • Audience: Terutama milenium yang lebih tua dan baby boomer yang lebih muda
  • Baik untuk Industri : B2C
  • Terbaik untuk:  Iklan visual; inspirasi

6. Youtube

  • Jumlah Pengguna: 1,9 Miliar
  • Audience:  Milenium, diikuti oleh Generasi Z
  • Baik untuk Industri : B2C
  • Terbaik untuk:  Brand Awareness, Hiburan, dan Advertising

7. Snapchat

  • Jumlah Pengguna: 300 Juta
  • Audience:  Terutama Generasi Z
  • Baik untuk Industri : B2C
  • Terbaik untuk:  Brand Awareness, dan Advertising

Berdasarkan data segmentasi tersebut apa yang kamu bayangkan? Kita ambil 2 media sosial terbesar yaitu Facebook dan Twitter, Dari kedua media sosial tersebut jumlah penggunanya sangat besar.

Pengguna yang sangat besar tersebut dapat dijadikan sebagai sasaran target market kamu. Walaupun tidak semua pengguna merupakan target pasar kamu, Tapi sekecil apapun persentase target market kamu dari jumlah penggunanya, Jumlah target audience kamu masih sangat besar.

Manfaat Social Media Marketing

Apa yang kamu dapatkan saat mulai menggunakan Social Media Marketing? Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mulai menggunakan media sosial untuk pemasaran kamu. Nah apa manfaat pemasaran media sosial :

1. Meningkatkan Brand Awareness

Media sosial telah terbukti meningkatkan brand awareness, Konten yang kamu buat dengan tujuan marketing berpotensi untuk menimbulkan awareness pada brand kamu. Maka dari itu pastikan konten yang kamu bagaikan masih terkait dengan produk kamu detail detail tentang perusahaan.

Selain itu, Adanya keterlibatan sosial seperti komentar, suka, share. Dengan adanya keterlibatan sosial tersebut juga dapat membantu kamu dalam meningkatkan brand awareness.

2. Meningkatkan Penjualan

Kamu dapat mempromosikan dan membagikan produk/layanan kamu di media sosial untuk meningkatkan penjualan. Kamu bisa menjual produk secara langsung di profil media sosial kamu atau membuat campaign iklan.

Hal tersebut merupakan cara sederhana dalam social media marketing, Kamu bisa mendapatkan banyak lead generation, Meningkatkan konversi penjualan yang meningkat dengan memanfaatkan media sosial untuk marketing.

3. Membina Hubungan Baik dengan Pelanggan

Kamu dapat membina hubungan baik dengan pelanggan dengan cara berinteraksi dengan mereka di posting konten kamu, menanggapi pertanyaan dan komentar mereka, dan memberikan mereka bantuan apapun yang mereka butuhkan.

Membina hubungan dengan pelanggan sangat dibutuhkan, Hal ini dapat meningkatkan loyalitas dan kepercayaan pelanggan.

Membuat Strategi Pemasaran Media Sosial

Ketika kamu mulai menggunakan media sosial untuk marketing, Kamu harus membuat strategi pemasarannya terlebih dahulu. Jika kamu tidak membuat strategi terlebih dahulu kamu tidak akan tahu target apa yang ingin dicapai, siapa yang ingin dijangkau, dan masalah apa yang ingin diselesaikan.

Nah berikut ini langkah-langkah yang bisa contoh untuk menyusun strategi pemasaran media sosial :

1. Tentukan Buyer Pesona dan Audience

Langkah pertama untuk menciptakan strategi Social Media Marketing adalah menentukan siapa persona dan audiens kamu, Sehingga kamu dapat menargetkan kebutuhan dan minat mereka dengan tepat. Yang perlu kamu ketahui yaitu, masing-masing bisnis memiliki target audience yang berbeda dan setiap platform media sosial juga memiliki karakteristik pengguna masing-masing.

Kamu bisa melakukan riset untuk menentukan buyer target audience, Kamu harus bisa  mengklasifikasikan mereka sebagai kelompok.

Dengan mempertimbangkan target audience, Kamu dapat menentukan konten apa yang akan menarik agar target audience kamu mulai mengikuti kamu. Selain itu kamu dapat membuat konten yang menarik untuk membuat pengikut mengetahui tentang brand dan produk kamu.

2. Tentukan Goals

Apa tujuanmu? Bagaimana media sosial dapat membantu kamu dalam mencapai tujuan bisnis ? Beberapa orang menggunakan media sosial untuk meningkatkan brand awareness mereka, Yang lain menggunakan media sosial untuk mengarahkan lalu lintas ke website untuk melakukan penjualan.

Social media marketing harus memiliki tujuan yang spesifik dan terukur, Apakah kamu memiliki Goals untuk membangun brand atau meningkatkan penjualan. Hal tersebut harus kamu tentukan, Agar strategi pemasaran sosial media kamu dapat berhasil.

3. Tentukan Media Sosial yang Akan Kamu Gunakan

Platform media sosial apa yang ingin kamu fokuskan untuk mencapai tujuan kamu? Di atas tadi sudah dijelaskan tentang segmentasi media sosial. Seharusnya setelah melihat segmentasi di atas kamu sudah bisa menentukan menggunakan media sosial yang mana.

Saat memulai, Pastikan kamu tidak menggunakan semua platform sosial media, Lebih baik kamu memilih beberapa platform yang menurut kamu memiliki target audience kamu aktif.

Sebagai contoh, Kamu menargetkan para generasi millenial dan ingin meningkatkan brand awareness dan beriklan. Maka Media sosial yang paling cocok adalah Facebook. Atau kamu ingin membuat konten visual, Maka Instagram menjadi yang terbaik.

4. Buatlah Konten yang Menarik

Jenis konten apa yang ingin kamu bagikan? Jenis konten apa yang paling menarik audiens target kamu? Apakah itu gambar atau video? Apakah kontennya mendidik atau menghibur?

Pertimbangkan konten yang dibagikan kompetitor kamu dan bagaimana cara kamu dapat mempromosikan produk kamu secara unik. Cobalah untuk menggunakan pelanggan dan promotor kamu saat ini untuk membantu kamu dalam menghasilkan konten yang menarik.

Buatlah konten yang menarik dan relevan dengan pengikut dan target audience kamu. Jika kamu salah dalam menentukan konten yang kamu buat bisa saja kamu akan kehilangan pengikut. Sebab ada beberapa konten yang bukannya mendatangkan keuntungan, Malah bisa membuat orang unfollow atau unlike media sosial bisnis kamu karena salah dalam membuat content marketing.

Cara terbaik untuk jawab dan solusi di atas adalah memulai menciptakan persona pemasaran, Persona tersebut yang akan membantu kamu dalam mengatasi persoalan diatas. Kamu bisa selalu dapat mengubah strategi kamu sesuai dengan kinerja media sosial.

5. Gunakan Iklan untuk Menjangkau Audience Lebih Banyak

Kamu bisa memanfaatkan iklan untuk menjangkau target audience lebih luas, Ini sangat cocok untuk meningkatkan brand awareness. Disisi lain juga membantu kamu dalam meningkatkan penjualan.

Iklan media sosial memungkinkan kamu untuk menjangkau audiens yang lebih luas daripada mereka yang telah mengikuti kamu. Platform periklanan media sosial seperti instagram ads dan facebook ads sangat canggih saat ini sehingga kamu dapat menentukan dengan tepat kepada siapa iklan akan ditampilkan. Kamu dapat membuat audiens target berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan lainnya.

6. Lakukan Analisis pada Media Sosial Bisnis

Analisis membantu kamu dalam memantau kinerja Social Media Marketing, Dengan analisis ini kamu bisa menentukan apakah strategi kamu berhasil atau tidak. Kamu dapat melakukan analisis dengan meninjau dan mengelola metrik media sosial kamu. Berikut beberapa metrik yang harus kamu analisis :

  1. Engagement
  2. Jangkauan
  3. Jumlah Pengikut
  4. Tayangan
  5. Kunjungan profil
  6. Mentions
  7. Tags
  8. Reposts
  9. Jumlah Share

Kamu bisa melakukan penilaian pada metriks tersebut untuk menentukan apakah Strategi Pemasaran media sosial kamu berhasil. Untuk mengukur metrik kamu bisa menggunakan fitur analytic yang disediakan platform media sosial yang kamu gunakan Atau kamu bisa menggunakan tools seperti Buffer Media sosial analisis.

Itulah informasi mengenai Social Media Marketing, Kamu bisa langsung membuat strategi  pemasaran media sosial untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like