Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Bahasa Pemrograman: Mengenal Go dan Kelebihannya untuk Product Development

Belajar bahasa pemrograman memang tidak akan ada habisnya, karena dunia teknologi itu sendiri berkembang dengan sangat cepat mengikuti perkembangan zaman yang ada. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak sekali bahasa pemrograman yang muncul dan memberi pengaruh di dunia teknologi, salah satunya adalah bahasa pemrograman Go. Banyak perusahaan yang sudah mulai melirik dan bahkan beralih ke Go. Perusahaan- perusahaan besar seperti Dropbox, Sky DB, Heroku, Docker, Cloudflare, begitupun Google juga sudah menggunakan bahasa tersebut. Mari kita mengenal lebih lanjut seperti apa Go tersebut.

Apa si itu Go?

Go atau yang biasa dikenal dengan nama Golang merupakan bahasa pemrograman Open Source yang merupakan hasil karya dari Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson yang juga merupakan karyawan dari perusahaan raksasa Google. Bahasa ini dikembangkan pada tahun 2007 dan mulai dikenalkan ke publik pada tahun 2009. 

Go berawal dan dikembangkan dari bahasa pemrograman populer seperti C dan Java, yang menawarkan kelebihan notasi yang ringkas dan bertujuan agar kode tetap sederhana dan mudah untuk dibaca/di mengerti. Desainer bahasa Go, Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson, mengungkapkan bahwa kompleksitas dari C++ menjadi motivasi utama mereka.

Kelebihan Go

1. Cepat

Go memang dirancang untuk menghasilkan aplikasi yang memiliki performansi tinggi dan memanfaatkan resource yang ada dengan seefektif dan seefisien mungkin. Berbeda seperti PHP, Phyton atau Ruby yang bersifat interpreter, Go adalah sebuah compiler. Hasil akhir dari Go adalah sebuah file binary yang bisa dieksekusi langsung oleh komputer tanpa memerlukan ketergantungan terhadap aplikasi yang lain. Tentu saja hal ini harus dibayar dengan file size hasil Go yang sedikit lebih besar.

Untuk sebuah program Hello World standard, yang dieksekusi pada Mac Book Pro Mid 2013 2.9Ghz 16GB Memory, Go menunjukkan 150x lebih cepat daripada PHP dan 45x lebih cepat daripada Java dan .Net. Oh ya, Go tidak hanya cepat dalam kecepatan eksekusi tapi juga untuk proses kompilasi, dan apabila kita sedang mengembangkan sebuah aplikasi yang acap mengalami perubahan hal ini cukup crucial.

2. Sederhana dan Mudah Dipelajari

Go memilii sintaks-sintaks yang simple, hal itu yang membuat Go mudah dipelajari. Go juga memiliki dokumen yang lebih terstruktur dan lebih rapi. Selain itu bagi seorang yang baru mengenal Go, Go menyediakan tour untuk belajar Go dengan model yang lebih interaktif.

3. Bersih dan Rapi

Ketika melakukan pemrograman di Go, maka kita akan “dipaksa” untuk menggunakan metodologi penulisan mereka. Dan metodologi ini menghasilkan rangkaian kode yang bersih dan rapi.

4. Disiplin

Go adalah bahasa yang menganut konsep strongly typed programming, dimana semua elemen di Go harus dideklarasikan tipe datanya. Hal ini berakibat pada  disiplin yang tinggi yang harus dianut oleh programmer Go.

Go juga tidak akan menolerir apabila sebuah variable atau package didefinisikan tapi tidak pernah digunakan.

5. Dukungan Komunitas

Di usianya yang masih muda dibanding bahasa lain. Go berkembang sangat pesat dan banyak diadopsi oleh banyak perusahaan besar untuk menyesaikan problem komputika mereka. Hal ini tentunya tak lepas dari dukungan para pengembang dan pengguna Go. Komunitas Gopher, para pengguna Go, inilah yang memberi kontribusi cukup besar bagi perkembangan Go.

Jadi, gimana? Ilmu bahasa pemrogramanmu pasti bertambah lagi kan? 

Jangan lewatkan artikel tentang update terbaru bahasa pemrograman untuk product development ya. Karena kami akan rutin memberikan artikel tentang update bahasa pemrograman ini untuk kamu 🙂

Add comment

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +