Inilah 10+ Kelebihan dan Kekurangan VPS

kelebihan dan kekurangan vps

Sedang mempertimbangkan untuk beralih dari shared hosting ke VPS karena menginginkan jaringan yang lebih privat? Sebelum mengambil keputusan tersebut, penting untuk mempertimbangkan dengan cermat kelebihan dan kekurangan VPS.

VPS adalah jenis layanan server hosting berbasis virtual tetapi bisa diakses secara privat. Keamanan media atau file yang ada di VPS terjamin aman sehingga layanan ini menjadi pilihan bagi perusahaan besar maupun individu. 

Selain itu, VPS juga menawarkan jaminan kecepatan website yang optimal. Bahkan dalam menghadapi traffic yang tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan VPS

Sebelum memutuskan beralih ke VPS, yuk cari tahu kelebihan dan kekurangan VPS hosting berikut.

Kelebihan VPS

kelebihan VPS

Berikut kelebihan VPS yang menjadikannya unggul daripada jenis hosting lainnya.

1. Performa Lebih Optimal

VPS mampu menyajikan performa yang konsisten dan optimal saat meng-hosting website. 

Alasannya karena VPS menggunakan server fisik yang bersifat eksklusif dan hanya digunakan dalam lingkup pribadi. Alhasil, minim kemungkinan website mengalami downtime akibat lonjakan traffic. 

VPS juga memiliki beberapa server cadangan yang dapat meningkatkan kestabilan performa saat server utama mengalami beban kerja berlebih. 

Selain itu, penggunaan VPS yang bersifat privat lebih unggul karena tidak ada paksaan berbagi sumber daya seperti bandwidth, RAM, dan CPU dengan pengguna lain. 

2. Keamanan dan Privasi Terjamin

Soal keamanan memang tidak boleh terlewat jika sedang meninjau kelebihan dan kekurangan VPS. Nah, VPS menjamin keamanan pada setiap file yang kamu simpan.

Cek Konten Lainnya:
Cara Meningkatkan Keamanan pada server VPS

Dengan VPS, kamu mampu menyimpan berbagai file dalam database yang berdiri sendiri. Tidak ada akses yang kepada pengguna VPS lain, meskipun mereka berada dalam satu server fisik yang sama.

Selain itu, VPS memiliki sistem pencadangan yang handal. Artinya, ketika berada dalam situasi kesalahan atau gangguan, keamanan file-file terjamin dan dapat pulih dengan cepat.

3. Adanya Kontrol Penuh

Meskipun berbagi server fisik dengan pengguna VPS lainnya, kamu tetap memegang kendali penuh. Yaitu melalui akses SSH (Secure Shell Connection) dan hak akses root pada server.

Dengan demikian, kamu memiliki kebebasan untuk mengubah sistem operasi, mengelola berbagai file, mengatur aplikasi, menyesuaikan konfigurasi keamanan sesuai preferensi, Sob. 

4. Kustomisasi Server

Kelebihan menggunakan VPS yaitu kostumisasi server. VPS memberikan layanan yang dikelola sendiri dan digunakan secara pribadi. Alhasil, pengguna memiliki kemampuan untuk menyesuaikan server dengan bebas, sederhana, dan cepat.

VPS menyajikan berbagai opsi kustomisasi server. Mulai dari memilih jenis VPS (seperti KVM, OpenVZ, atau HVM) hingga memilih panel (seperti VestaC, cPanel, Webuzo, atau opsi lainnya).

5. Server yang Mumpuni

VPS memungkinkan kamu menyesuaikan kapasitas server sesuai kebutuhan. Fleksibilitas server VPS diperoleh melalui pemanfaatan fitur dan layanan server yang bersifat pribadi. 

Dengan begitu, setiap pengguna bisa menyesuaikan kapasitas server mereka sendiri. Proses peningkatan kapasitas (Upgrade dan Scaling) server pada VPS bisa melalui dua opsi, yaitu vertical scaling dan horizontal scaling. 

Horizontal Scaling merujuk pada peningkatan kapasitas server di sisi kapasitas layanan. Peningkatan kapasitas horizontal pada VPS biasanya terjadi pada aspek seperti penyimpanan file krusial, hosting email, database, atau layanan cPanel Hosting.

Sementara itu, Vertical Scaling sangat terkait dengan peningkatan kapasitas server pada bagian hard disk, RAM, dan sistem operasi.

Kekurangan VPS

Di samping berbagai kelebihannya, VPS juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui, yaitu sebagai berikut.

1. Harganya Lebih Mahal

VPS mematok biaya berlangganan yang lebih tinggi daripada shared hosting. Namun, biaya ini sebanding dengan tingkat privasi yang lebih eksklusif dan fitur yang sangat lengkap. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Bare Metal Server? Ini Kelebihan dan Rekomendasinya

Terlebih lagi, kamu masih dapat mengakses opsi berlangganan VPS yang cukup terjangkau seperti di Jagoan Hosting. 

Selain mendapatkan harga yang terjangkau, kamu juga akan menerima support dari tim Jagoan Hosting ketika menghadapi kendala VPS. 

2. Harus Paham IT

Para pengguna VPS harus memiliki pemahaman yang kuat dalam bidang server dan teknologi informasi. Sebab, untuk menjaga performa aplikasi dan website tetap optimal, kamu perlu mengelola dan menyesuaikan VPS. 

Jika menghadapi kendala ini, solusinya bisa dengan merekrut sumber daya tambahan untuk mengelola VPS.

3. Keterbatasan Kendali pada Server Fisik

Pengguna VPS hanya memiliki akses terhadap bagian server virtual. Dengan kata lain, kendali pengguna terbatas pada server fisik atau Data Center. Meskipun begitu, semua data dan file krusial dari website masih terpusat di Data Center.

Namun, tidak perlu khawatir. Jika kamu memilih untuk menggunakan VPS, kamu tetap dapat mengakses media penyimpanan yang ada di server virtual tersebut.

Demikian kelebihan dan kekurangan VPS. Untuk kekurangannya bisa diatasi bersama penyedia VPS yang tepat. 

Sebagai contoh Jagoan Hosting yang telah menjadi andalan pada pemilik website. VPS dari Jagoan Hosting memiliki server yang andal, aman, dan harganya terjangkau.

Kelebihan VPS Jagoan Hosting

kelebihan VPS Jagoan Hosting

Salah satu jenis VPS unggulan dari Jagoan Hosting yaitu Cloud VPS Indonesia. Cloud VPS menggunakan teknologi KVM terbaru dengan fleksibilitas tinggi untuk berbagai kebutuhan. Berikut beberapa kelebihan dari Cloud VPS Indonesia.

1. Teknologi KVM

Cloud VPS menggunakan teknologi terkini, khususnya KVM (Kernel-based Virtual Machine). Dukungan teknologi memungkinkan virtualisasi server dengan performa tinggi dan isolasi yang baik.

2. Penyimpanan Besar

Paket VPS ini menawarkan penyimpanan besar. Bahkan mencapai 20.000GB. Hal ini memberikan fleksibilitas untuk menyimpan data dan aplikasi yang lebih besar.

3. Fleksibel dalam Kostumisasi

Ada kebebasan untuk menyesuaikan spesifikasi sumber daya. Dalam hal ini termasuk memory, CPU, dan penyimpanan sesuai dengan kebutuhanmu.

Cek Konten Lainnya:
Inilah Cloud Provider Indonesia Terbaik

4. Kecepatan Network

Cloud VPS Indonesia menawarkan kecepatan transfer data hingga 10GB/s. Dengan kecepatan ini, VPS mampu menangani traffic yang tinggi dan memastikan kinerja yang optimal.

5. Pilihan Paket Beragam

harga vps lokal

Ada berbagai paket VPS dengan harga yang berbeda. Mulai dari paket entry-level hingga paket dengan spesifikasi tinggi seperti NextGen VPS dengan fitur seperti Fixed Rate Renewal, Max Storage up to 20 TB, dan HA Cluster.

Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan, termasuk memilih paket dengan harga terjangkau.

6. Fitur Keamanan

Cloud VPS memiliki fitur keamanan seperti Auto-DDoS Mitigation untuk melindungi VPS dari serangan DDoS.

7. Remote Console

VPS ini memungkinkan akses ke server melalui remote console dari perangkat manapun tanpa perlu instalasi alat tambahan.

8. Unlimited Bandwidth

Jagoan Hosting menawarkan VPS dengan akses bandwidth tanpa batas. Hal ini memungkinkan penanganan traffic sebanyak mungkin tanpa biaya tambahan.

9. Fleksibilitas Aplikasi dan Sistem Operasi

Cloud VPS mendukung berbagai aplikasi dan sistem operasi dengan pilihan template OS server dan aplikasi yang dapat kamu instal dengan mudah.

10. Support 24/7 via WhatsApp

Tidak perlu khawatir jika terjadi kendala saat penggunaan VPS. Jagoan Hosting memiliki layanan pelanggan 24 jam. Kamu bisa menghubungi tim CS melalui WhatsApp.

Keputusan untuk beralih ke VPS menjadi pilihan yang rasional setelah kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan VPS. 

Meskipun terdapat sejumlah kekurangan, semua bisa diatasi dengan penyedia VPS Murah profesional seperti Jagoan Hosting.

testimoni VPS

Melalui paket Cloud VPS, Jagoan Hosting memberikan kemudahan untukmu yang ingin menikmati fitur VPS tanpa khawatir biaya. Tersedia paket dengan harga terjangkau, tentu dengan spesifikasi masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
control panel vps
Read More
10+ Control Panel VPS Terbaik (Gratis dan Bayar)
Ada beberapa hal yang mesti kamu persiapkan sebelum membuat website, aplikasi panel VPS gratis misalnya. Aplikasi ini akan…
promo VPS
Read More
Promo VPS Harga Murah Mulai 100rb Perbulan
VPS (Virtual Private Server) merupakan sebuah layanan yang memungkinkan untuk memiliki server pribadi secara virtual, memberikan resource lebih…