10 Tips Agar Jualan Online Laris, Dijamin Ampuh bagi Pemula!

Tips Agar Jualan Online Laris

Dewasa ini, bisnis online memang sedang banyak diminati. Namun, semakin banyaknya pelaku bisnis, maka persaingan juga semakin ketat. Latas, bagaimana cara agar jualan online laris manis di tengah merebaknya tren bisnis online masa kini?

Bagi pemula, bertahan dalam persaingan bisnis memang tidak mudah. Tapi tenang saja, bagi kamu yang sedang berencana untuk merintis bisnis online, Jagoan Hosting punya tipsnya nih Sob. Ingin tahu apa saja itu? Yuk intip dalam ulasan di bawah ini.

10 Tips Agar Jualan Online Laris di Masa Kini

Bagi kamu yang baru terjun dalam dunia bisnis dan masih tergolong pemula, tentu kamu ingin produk milikmu dapat laku terjual. Namun, banyak pemula yang masih bingung dan tidak tahu bagaimana cara agar jualan online laris. 

Berniat untuk memulai usaha sendiri melalui internet tapi masih ragu dan merasa masih pemula dalam berjualan online? Tidak perlu cemas, ini dia beberapa tipsnya.

1. Lakukan Riset dan Tetapkan Produk yang Dijual

Tips agar jualan online laris yang pertama adalah dengan melakukan riset terhadap kondisi pasar, produk yang akan dijual, dan minat konsumen saat ini.

Selanjutnya, kamu bisa mulai memilih dan menetapkan produk apa yang ingin kamu jual baik itu produk buatan sendiri (homemade) maupun produk buatan orang lain atau menjadi reseller.

Nah apabila hendak menjual produk homemade, maka kamu harus memperhatikan dengan jelas proses pembuatannya secara detail mulai dari penentuan bahan baku hingga prospek keuntungannya di masa mendatang.

Upayakan dalam perhitungan biaya pembuatan produk dilakukan secara rinci dan teliti agar dalam menentukan harga jual nantinya lebih mudah.

2. Susun Rencana Bisnis dengan Baik

Cara agar jualan online laris selanjutnya adalah dengan membuat business planning atau susunan rencana bisnis dengan maksimal. Rencana bisnis yang dibuat harus saling berkesinambungan dengan bisnis yang akan dijalankan nantinya.

Cara membuat jualan online laris adalah dengan membuat rencana bisnis yang mencakup nama brand, nama produk yang nantinya hendak ditawarkan dengan konsumen, harga dari produk yang akan dijual, hingga anggaran keuangan.

Cek Konten Lainnya:
15+ Tools AI Marketing untuk Tingkatkan Bisnis

3. Lakukan Perhitungan Budget

Tips jualan online laris bagi pemula selanjutnya adalah dengan membuat perhitungan budgeting secara rinci dan jelas, meliputi modal yang dipergunakan di awal dan estimasi dari dana operasional yang digunakan.

Perhitungan budgeting bertujuan agar perhitungan biaya yang meliputi pemasukan dan pengeluaran dalam bisnis dapat dijadikan acuan maupun pedoman dalam mengontrol arus pengeluaran.

Selanjutnya, pastikan juga untuk selalu membuat pembukuan dan catatan budget dengan rutin ya, Sob!

Baca juga: Begini Cara Membuat Instagram Shopping, Mudah dan Praktis!

4. Tentukan Harga Jual dan Target Pasar yang Tepat

Tips agar jualan online laris selanjutnya adalah dengan memperhatikan penentuan harga jual suatu produk.

Dalam hal ini, kamu dapat membuat perbandingan produk tersebut dengan harga produk lainnya yang ada di pasaran, harga bahan baku dari supplier, serta biaya-biaya operasional pembuatan produk.

5. Pilih Platform Jual Online

Tips agar jualan online laris berikutnya adalah menentukan jenis platform apa yang dapat digunakan dalam mempromosikan serta menjual produk yang ingin kamu tawarkan, seperti media sosial, marketplace, ataupun website.

6. Buat Promosi dengan Maksimal

Tips agar jualan online laris selanjutnya adalah dengan membuat promosi. Promosi merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan apabila kamu mau mengembangkan suatu bisnis online, khususnya bagi yang masih terbilang pemula.

Dalam membuat promosi, jangan lupa untuk memperhatikan keefektifan dan keefisienan dalam pemasarannya.

Cara membuat jualan online laris tersebut bertujuan agar para calon pembeli senang dan meninggalkan kesan positif terhadap produk yang kamu jual, sehingga nantinya di kemudian hari akan muncul ketertarikan dari mereka untuk membeli produk dari tokomu.

7. Manfaatkan Media Sosial

Tips agar jualan online laris tentunya dengan memanfaatkan perkembangan zaman lewat akses media sosial yang terus berkembang dengan pesat. Kamu sebagai pemilik toko hendaknya mempromosikan toko online milikmu lewat social media marketing dengan benar.

Tapi, jangan sampai terjadi spamming karena hal tersebut dapat memicu tidak ada satupun orang yang melirik akun milikmu.

Baca juga: Apa itu AIDA Marketing? Strategi Ampuh Tingkatkan Penjualan

8. Buat Content Marketing yang Menarik

Tips agar jualan online laris adalah dengan membuat content marketing yang menarik. Content marketing merupakan metode promosi yang berdasarkan pada pembuatan konten dalam berjualan online.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Content Creator? Tugas dan Tips Suksesnya

Perlu diingat bahwa konten yang dibuat harus sesuai dengan topik sehingga bisa menarik minat pembeli dalam jangka panjang, dan pastinya bermanfaat. Itulah mengapa content marketing wajib dicoba sebagai salah satu tips agar jualan online laris.

Semakin menarik dan semakin bermanfaat content marketing yang kamu buat, maka nantinya kemungkinan agar usaha toko online milikmu ditemukan oleh calon pembeli lewat Google akan lebih mudah.

Artinya, kemungkinan untuk toko milikmu mendapatkan keuntungan lewat  tips agar jualan online laris ini akan semakin besar pula.

9. Pelajari Kebutuhan Konsumen

Tips jualan online laris bagi pemula selanjutnya adalah dengan mempelajari kebutuhan dari konsumen. Inilah yang menjadi salah satu alasan dari bisnis kuliner tidak ada matinya, karena makanan merupakan kebutuhan primer bagi setiap manusia.

Peluang bagi setiap orang untuk kembali membeli produk dalam bisnis kuliner tersebut pastinya juga sangat besar. Nah, alasan tersebut juga bisa dijadikan acuan bagi kamu dalam memilih suatu bisnis.

Apabila kamu ingin memperoleh cuan dalam waktu yang singkat, cobalah untuk menjual produk yang menarik minat calon pembeli untuk membelinya kembali dalam waktu yang singkat. Misalnya, makanan, produk kecantikan, dan perlengkapan kebersihan rumah.

Kemungkinan nilai keuntungan yang nantinya kamu hasilkan tidak begitu besar. Namun, proses perputaran uang dan barang yang terjadi sangat cepat.

10. Buat Website Toko Online Sendiri

Ketika membaca tips agar jualan online laris berikut ini, mungkin kamu akan mulai bertanya-tanya, mengapa dalam mengelola bisnis online dibutuhkan adanya sebuah website?

Yup, pertanyaan tersebut memang sudah sering terlihat saat sebuah bisnis online diberi saran agar mempunyai sebuah website. 

Padahal, terdapat banyak toko online lainnya yang penggunaannya lebih mudah. Seperti Shopee, Tokopedia,  Lazada, Bukalapak, Blibli, dan lainnya. Jadi, apa alasan kamu harus membuat sebuah website untuk bisnis online mu?

Dari segi penggunaan, tentunya marketplace jauh lebih mudah untuk diaplikasikan. Dalam rentang waktu sebentar saja, pembuatan akun bisa selesai dan kamu tentunya bisa langsung menjalankan bisnis online milikmu. 

Apalagi, banyak marketplace yang sudah mempunyai user dalam jumlah banyak juga traffic yang cukup tinggi. Tentunya, kamu bisa dengan mudah menemukan calon pembeli produkmu.

Terlepas dari beberapa kelebihan tersebut, marketplace memiliki kelemahan dalam hal persaingan dalam penjualan produk yang skalanya sangat tinggi.

Marketplace milikmu harus bisa berebut calon konsumen melalui penawaran produk dengan pelayanan yang cepat, harga yang lebih murah, dan juga meningkatkan reputasi melalui review dan rating.

Cek Konten Lainnya:
Digital Nomad, Kini Bekerja Dari Mana Saja Menjadi Lebih Menyenangkan

Namun, sayangnya meskipun semua usaha tersebut sudah dilakukan, produk milik tokomu tidak bisa langsung dikenal dengan baik. Jadi jika ingin meningkatkan brand awareness, kamu harus memahami konsekuensi ini.

Berbeda konteksnya dengan website yang ada di toko online. Awalnya dalam proses pembuatan website-nya memang rumit karena cukup banyak hal teknis yang harus dikerjakan sebelum toko akhirnya go online.

Dengan memaksimalkan penggunaan marketplace, nantinya akan sangat berguna dalam membangun sebuah brand. Kita bisa menentukan sendiri branding dari brand yang kita miliki dengan desain website yang sesuai dengan keinginan kita. 

Dapat dikatakan bahwa dalam mengembangkan sebuah marketplace merupakan salah satu tips agar jualan online laris.

Baca juga: 6 Contoh Website E-Commerce dan Tips Membuatnya!

Tidak hanya itu saja, melalui marketplace kamu bisa mengontrol beberapa data, seperti data penjualan. Kamu bisa mengetahui model produk yang disukai customer, tren penjualan dalam periode waktu tertentu, serta distribusi jumlah pembeli.

Semua usaha dari online marketing dapat dikerjakan dengan terpusat. Hal tersebut merupakan tips agar jualan online laris yang dijadikan sebagai benefit lainnya yang diperoleh apabila kamu memiliki marketplace sendiri.

Bagaimana? Apakah kelebihan dari marketplace sudah membuat kamu yakin? Apabila sudah yakin, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat website toko online sendiri melalui layanan Jagoan Hosting:

  • Pesan hosting serta domain di Jagoan Hosting;
  • Install WordPress;
  • Pilih CMS ataupun platform marketplace, seperti, PrestaShop, WooCommerce, Shopify, dan lainnya;
  • Membuat pengaturan web serta input produk;
  • Mendownload ebook Tips agar jualan online laris bagi pemula. Di dalam ebook, kamu bisa mendapatkan semua insight yang dibutuhkan. Mulai dari menu, menentukan shipping classes, mengaktivasi kode kupon, mengotomatisasi metode pembayaran, reports, dan lainnya.

Nah Sob, itu dia beberapa tips agar jualan online laris dari Jagoan Hosting. Meski di era digital seperti sekarang lebih mudah untuk menjangkau target pasar, namun kamu tetap harus memaksimalkan promosi dan komponen lainnya agar bisa bertahan di tengah persaingan ketat.

Yuk simak tips menarik tentang bisnis digital lainnya di blog Jagoan Hosting!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Peluang Usaha 12 Cara Merubah Hobi Kamu Jadi Bisnis (Infografis)
Read More
Peluang Usaha : 12 Cara Merubah Hobi Kamu Jadi Bisnis (Infografis)
Peluang usaha yang terbaik adalah peluang usaha yang benar-benar kamu sukai. Karena dengan kamu menyukai kegiatan tersebut kamu…
aplikasi untuk bisnis
Read More
5 Jenis Aplikasi untuk Bisnis Ini yang Akan Mendukung Pekerjaanmu jadi Lebih Mudah!
Tidak dapat dipungkiri bahwa di zaman digital seperti sekarang ini, pekerjaan manusia dapat terbantu lebih cepat dan efisien…