Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

5 Cara Meningkatkan Kecepatan Website

Di zaman yang super cepat seperti saat ini, setiap kegiatan yang dilakukan harus bisa dilakukan dengan cepat dan menghasilkan sesuatu yang besar. Termasuk dalam menjalankan bisnis secara online. Bisnis online dipilih karena selain lebih mudah dalam menjalankan, hasil yang didapatkan tidak kalah dengan saat kita berjualan di mall dengan pengunjung ribuan orang setiap harinya. 

Menjalankan bisnis online lekat kaitannya dengan website. Meningkatkan kecepatan website akan membantu banyak pebisnis dalam menjalankan bisnis mereka. Menarik minat pengunjung dan membuat betah pengunjung untuk membaca dan mengunjungi banyak halaman website kita. Bahkan untuk membuat pengunjung membeli produk kita di website.

Tapi membuat website menjadi lebih cepat itu gampang-gampang susah. Apa saja sih yang harus dilakukan?

1. Melakukan optimasi konten

Berbagai optimasi konten harus benar-benar dilakukan untuk memaksimalkan kecepatan website. Jika websitemu hanya berisi informasi seputar bisnis tanpa melakukan banyak perubahan, maka kecepatan yang standart pun tidak menjadi masalah.

Tapi lain halnya jika website menjadi media untuk mempromosikan produk dan menjual produk secara online. Dimana ada banyak konten yang berubah setiap waktunya. 

Maka konten yang kamu posting bukan harus menarik dari segi judul, informatif dan tentu saja harus bermanfaat bagi pembaca. Kamu bisa belajar menulis headline yang baik di blog ini. 

Kamu juga bisa belajar menulis konten iklan di sini. Sebab konten yang akan kamu posting harus berhasil menarik minat pengunjung untuk membaca. Dan membuat pembaca ingin segera membeli.

Mengoptimasi konten bukan hanya konten teks, tapi juga konten visual. Sebab di website konten visual akan membuat load website menjadi lebih berat. 

Kamu bisa mengoptimasi konten video untuk setiap generasi yang berbeda dengan tipe yang bisa diterima mereka.

2. Menghapus plugin yang tidak digunakan

Kalau kamu menggunakan CMS untuk membangun website, maka kamu pastinya membutuhkan beberapa dukungan dari plugin untuk mengoptimasi websitemu, mulai dari tampilan sampai dengan peningkatkan kecepatan website. Ada banyak pilihan plugin yang bisa digunakan, misalnya saja jika kamu menggunakan WordPress. Tapi tidak semua plugin harus dan bisa kamu gunakan.

Ada banyak pilihan plugin, misalnya saja saat kamu ingin membuat website menjadi sebuah website toko online dengan fitur yang lebih kompleks lagi. Kamu bisa menggunakan plugin WordPress untuk toko online.

Beberapa orang memilih menggunakan WordPress atau CMS lainnya karena sangat mudah dalam membangun website. Instal plugin web builder WordPress dan semua fitur untuk toko online sudah siap. 

Selain itu, ada beberapa plugin penting yang harus dimiliki untuk mengoptimasi website toko online. Mulai dari plugin WordPress untuk kecepatan website dan plugin WordPress untuk keamanan WordPress.

3. Pilih layanan hosting yang cepat

Kalau mau mobil yang cepat, harus pilih bengkel yang siap kapan saja membantu meningkatkan performa mobil bukan? Memilih juga tidak sembarangan, bukan hanya nama, biaya, tapi juga pelayanan yang harus bisa dipercaya.

Ini berlaku untuk memiliki layanan yang mendukung website agar bisa diakses lebih cepat dan memiliki performa yang siap untuk membantu meningkatkan konversi bisnis di website.

Misalnya saja saat kamu harus memilih layanan hosting Indonesia untuk website. Jagoanhosting.com menjadi salah satu pilihan yang harus masuk ke daftar pilihanmu.

Sebelum memaksimalkan konten, pastikan untuk terlebih dahulu mengklaim nama domain websitemu. Nama domain menjadi kebutuhan yang penting untuk sebuah bisnis online. Nama domain bisa berupa nama brandmu di website.  Nama domain akan memberikan tools yang mudah untuk kamu menjalankan kampanye marketing baik online maupun offline.

Setelah nama domain kamu miliki, kini saatnya kamu memilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan websitemu. Jika memang hanya website statis, maka paket hosting biasa, misalnya jika di Jagoanhosting.com paket yang bisa dipakai adalah paket FAME di Cloud Hosting Indonesia.

Beda lagi jika website kamu merupakan website portal berita atau website toko online dengan konten yang update selalu dan pengunjung yang terus meningkat. Paket yang bisa dipilih misalnya saja paket SUPERSTAR yang siap menampung website yang ingin lebih cepat.

4. Memaksimalkan tools dari web hosting yang digunakan

Yang kamu butuhkan untuk membuat website lebih cepat bukan hanya space hosting yang besar. Tapi juga tools yang mendukung kinerja kontenmu di dalam website.

Misalnya saja CDN (Content Delivery Network). Saat website kamu memiliki target pengunjung di Indonesia, maka kamu bisa menggunakan jasa web hosting dengan server di Indonesia. Kenapa? Jelas, karena jaraknya sangat dekat.

Tapi, gimana saat pengunjungmu dari luar negeri? Kamu membutuhkan server yang berada di luar negeri, yang lebih dekat dengan jangkauan target pengunjungmu. Dan CDN membantumu untuk mendapatkan akses website yang lebih cepat. 

5. Tunggu tips selanjutnya ya…

Nelsi Islamiyati

  • cindy oliviaa

    Dapatkan Bonus-bonus Menarik Setiap Harinya di metroqq
    • Bonus Turnover 0.3 – 0.5% (Setiap hari Senin)
    • Bonus Referal 10% + 10% (Seumur Hidup)

    PIN BBM: 2BE32842

  • cindy oliviaa

    Dapatkan Bonus-bonus Menarik Setiap Harinya di metroqq
    • Bonus Turnover 0.3 – 0.5% (Setiap hari Senin)
    • Bonus Referal 10% + 10% (Seumur Hidup)

    PIN BBM: 2BE32842