Pada zaman industri 4.0 digitalisasi bisnis harus dilakukan, Kamu harus menjadikan bisnis offline ke online untuk terus bersaing. Selain itu, banyak alasan lain mengapa bisnis kamu harus go to online. 

Saat ini telah terjadi sebuah perubahan drastis dalam kebiasaan belanja orang, Saat ini orang lebih suka berbelanja secara online dibanding belanja offline. Untuk itu kamu harus mulai Memindahkan bisnismu secara online.

Menjadikan bisnis offline ke online merupakan sesuatu hal yang dapat meningkatkan penghasilan kamu, Pangsa pasar yang luas dan toko yang bisa buka 24 jam akan membantu kamu dalam mendapatkan lebih banyak pelanggan. Maka dari itu, Sudah saatnya jadikan bisnis offline ke online.

Berikut langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk mulai menjadikan bisnis offline kamu go to online. Berikut caranya :

1. Membeli Nama Domain

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membeli domain, Domain inilah yang dijadikan sebagai nama bisnis atau alamat bisnis online kamu. Untuk membeli domain, Kamu bisa membeli domain murah di Jagoan Hosting. Jagoan Hosting merupakan penyedia domain murah dan terpercaya.

Pastika saat membeli domain sesuai dengan nama bisnis kamu, Nama domain ini merupakan sebuah brand dari bisnis online kamu, Maka dari itu kamu harus hati-hati dalam menentukan nama domain.

Nama domain  terdapat berbagai ekstensi, Sebaiknya saat membeli nama domain pilihlah domain berekstensi .com karena ekstensi domain yang paling populer. Nah berikut ini tips membeli domain untuk menjadikan bisnis offline ke online :

  • .com harus menjadi pilihan pertama kamu karena ini adalah ekstensi domain paling kuat
  • Sebisa mungkin hindari penggunaan tanda hubung dan angka pada nama domain, Kecuali sesuai dengan brand kamu sebelumnya
  • Ekstensi lokal seperti .id dan .co.id dapat berfungsi dengan baik untuk bisnis lokal
  • Hindari penggunaan domain bermerek dagang, Hal tersebut dapat membuat kamu dalam masalah hukum.

2. Mulai Membuat Website

Bisnis Offline ke Online
Membuat Website Bisnis Online

Setelah mendaftarkan nama domain, Kamu siap untuk mulai membuat website. Langkah penting dalam membuat situs adalah memilih CMS dan penyedia web hosting. Jika kamu ingin membuat website toko online, Kamu bisa memilih CMS Ecommerce terbaik.

Yang tak kalah penting adalah penyedia web hosting, Pilihlah penyedia hosting yang terpercaya seperti Jagoan Hosting. Jagoan hosting merupakan penyedia cloud shared hosting indonesia terpercaya dengan performa web hosting terbaik.

Setelah selesai menentukan CMS dan penyedia web hosting kamu bisa mulai membuat website kamu. Jika kamu belum terlalu bisa membuat website kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website.

3. Buatlah Konten Website

Bisnis Offline ke Online
Membuat Konten Bisnis Online

Konten sangat penting untuk pemindahan bisnis offline ke online. Karena orang tidak akan dapat mengetahui informasi mengenai website kamu. Tambahkan konten pada halaman-halaman utama situs web kamu sehingga orang-orang dapat mengetahui informasi bisnis online dan mengenal produk atau layanan kamu.

Website bisnis online kamu setidaknya terdapat beberapa konten penting seperti

  • Home Page, Homepage/Beranda kamu harus menampilkan uraian singkat tentang apa yang dilakukan bisnis kamu, beberapa visual berkualitas tinggi yang menampilkan produk atau layanan kamu, dan mungkin beberapa testimoni dari pelanggan kamu yang sudah ada. 
  • Tentang, Gunakan halaman ini untuk memberikan informasi mengenai website kamu secara sederhana tapi jelas. 
  • Halaman produk / layanan, Halaman ini berisi tentang detail produk atau layanan yang kamu jual. Biasanya halaman produk merupakan sebuah halaman landing page khusus.
  • Contact, Halaman khusus yang menyediakan informasi kontak yang dapat dihubungi. Kamu bisa Masukkan alamat email, nomor telepon, alamat fisik, jam kerja, dan sosial media kamu di halaman ini. Kamu juga bisa menambahkan contact form pada halaman ini untuk mempermudah pelanggan menghubungi kamu. 

4. Tambahkan Produk Kamu pada Website

Jika kamu menggunakan CMS WordPress, Dan ingin membuat website toko online, Kamu bisa memanfaatkan plugin WooCommerce. Plugin tersebut sangat membantu kamu dalam mempermudah mengelola toko online kamu.

Jika kamu memiliki tujuan menjadikan bisnis jasa/layanan offline ke online kamu bisa membuat halaman landing page yang menjelaskan informasi mengenai jasa/layanan kamu.

Jangan lupa untuk membuat deskripsi produk kamu untuk memberikan informasi lebih dalam mengenai produk/layanan kamu.

6. Atur Pembayaran pada Website Kamu

Pembayaran sangat penting jika kamu berjualan, Untuk itu kamu harus mengatur pembayaran pada website kamu. Kamu bisa mengelola pembayaran secara otomatis dengan memanfaatkan payment gateway.

Jika kamu tidak menggunakan payment gateway, Kamu bisa mengatur sendiri pembayaran transfer dengan memberikan informasi nomor rekening pada halaman pembayaran. Pastikan jika sistem pembayaran kamu sangat aman, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

7. Lakukan Optimasi Website

Hal yang tak kalah penting yaitu melakukan optimasi website, Optimasi kecepatan dan optimasi pada search engine. Kecepatan website sangat penting, selain untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, kecepatan website mempengaruhi SEO.

Kamu harus mulai belajar SEO agar website kamu bisa lebih mudah berada pada halaman 1 google. Jika website kamu berada di halaman 1 pencarian google sesuai dengan keyword yang kamu target maka bisa lebih mudah mendapatkan banyak pelanggan.

Jangan lupa untuk mulai melakukan riset keyword untuk memudahkan dalam membuat konten dan agar konten yang kamu buat tidak sia-sia. 

8. Mulai Umumkan Perubahan Bisnis Offline ke Online

Jika kamu baru pendindah dari bisnis offline ke online, Tidak semua orang tahu perpindahan tersebut.. Jadi, setelah bisnismu online, lakukan segala hal yang mungkin untuk menyebarkan berita tentang bisnis kamu. 

Kamu bisa memanfaatkan social media untuk memberitahukan informasi mengenai bisnis online kamu. Selain itu kamu bisa mulai beriklan untuk mengumumkan mengenai bisnis online kamu, Misalnya kamu mulai beriklan di social media dan google.

Kamu juga bisa memanfaatkan influencer untuk mulai mengenalkan produk atau layanan yang bisa kamu berikan.

Itulah informasi mengenai cara mudah menjadikan bisnis offline ke online, Kamu bisa mengikuti langkah-langkah tersebut untuk mulai memperluas bisnis kamu dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like