Milyaran website tersebar diseluruh internet, Tapi apakah kamu tahu jenis-jenis website tersebut? Ketika akan membuat website baru, beberapa orang kesulitan menentukan jenis website apa yang tepat dan sesuai dengan tujuan awal.

Sebelum membuat website, pertimbangkan dengan cermat jenis situs web apa yang akan kamu buat. Ketika kamu sudah dapat menentukan tujuan dan pengaturan yang ada dalam pikiran kamu, kamu bisa lebih mudah mengidentifikasi situs web lain untuk mencari inspirasi.

Berikut adalah beberapa jenis website yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi kamu dalam membuat website kamu. Ingat! secara umum setiap jenis situs web memiliki tujuan tertentu untuk dicapai dan serangkaian praktik terbaiknya sendiri. Nah, yang mana situs web kamu nantinya?

1. Website Ecommerce

Website Ecommerce
Contoh Website Ecommerce | Shopee

Website eCommerce adalah website yang dibuat untuk tempat orang dapat langsung membeli produk secara online. Website ini sama halnya dengan Online Shop, Website ini dijadikan sebagai alat untuk bertransaksi antara penjual pembeli, Nantinya proses pembelian hingga pembayaran produk akan terjadi di website.

Di Indonesia sendiri banyak sekali website ecommerce, Beberapa situs ecommerce terbesar yaitu Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dll. Jika anda ingin membuat website dengan tujuan menjual produk secara online, Maka Website Ecommerce menjadi solusi yang tepat.

Tak perlu khawatir kesulitan untuk membuatnya, Kamu bisa mengikuti panduan membuat website online sendiri. 

2. Website Bisnis

Website Business
Contoh Website Business

Website bisnis adalah website apa pun yang ditujukan untuk mewakili bisnis tertentu. Saya rasa kamu sudah paham tentang website bisnis dan bagaimana website bisnis. Kebanyakan website bisnis mengkomunikasikan jenis produk dan / atau layanan yang ditawarkan bisnis.

Jika dilihat dari pengertiannya, Website bisnis sama dengan website Ecommerce, Lantas apa bedanya. Sebetulnya tidak ada perbedaan mendasar tentang kedua website tersebut, Website ecommerce bisa disebut website bisnis, tapi website bisnis tak selalu website ecommerce.

Sekarang, setiap bisnis setidaknya harus memiliki website. Dengan website sebuah bisnis lebih dikenal banyak orang dan mudah ditemukan di internet, Selain itu website dapat membuat bisnis kamu lebih dipercaya dan kredibel.

3. Website Entertainment

Website Entertainment
Contoh Website Entertainment | 1cak

Entertainment Website atau Website hiburan adalah website yang dibuat untuk tujuan hiburan. Website bisa berisi gambar, video, film, musik atau apapun hal yang dapat menghibur. Situs seperti Youtube, Netflix, 1cak merupakan beberapa website hiburan yang terkenal.

Karena ada begitu banyak situs hiburan di luar sana, Kamu harus mengantisipasinya untuk meluangkan waktu dan bekerja untuk menemukan audiens yang terhubung dengan website kamu. 

Jika kamu mempunyai ide untuk membuat konten yang menurut kamu menghibur dan unik, situs web hiburan adalah salah satu cara terbaik untuk mengeluarkan konten itu ke dunia.

4. Website Portfolio

Website portfolio adalah website yang yang ditujukan untuk menampilkan hasil karya atau pekerjaan sebelumnya. Website portfolio berfungsi untuk menunjukkan kepada klien hasil kerja dan kualitas pekerjaan sebelumnya yang telah dilakukan.

Kebanyakan website portfolio juga dijadikan sebagai website pribadi, Antara website portfolio dan website personal hampir memiliki tujuan yang sama. Maka dari itu antara website portfolio dan website pribadi bisa dikatakan sama.

Jenis situs web ini lebih mudah dibangun, Jenis website ini banyak digunakan para profesional kreatif dan freelance. Website seperti ini sangat cocok untuk membangun personal branding, Karena website ini berisi tentang informasi pemilik website serta portofolionya.

5. Website Media (Portal Berita)

Website Portal Berita
Contoh Website Portal Berita | Detik

Website Portal Berita adalah website yang mengumpulkan berita atau pelaporan lainnya. Website portal berita umumnya menghasilkan uang melalui iklan yang muncul di situs, model berlangganan, atau kombinasi keduanya. Di Indonesia website media yang terkenal yaitu; Detik, Kompas, liputan6.

Jika anda ingin membuat media online maka ini sangat cocok, Untuk membuat web portal berita membutuhkan biaya yang lebih besar, karena membutuhkan resource web hosting yang lebih banyak.

Untuk informasi tentang pembuatan website portal berita,Kamu bisa membaca artikel berikut ini, Artikel tersebut membahas secara dalam tentang membuat website portal berita.

6. Website Pendidikan

Website Pendidikan
Contoh Website Pendidikan | Universitas Brawijaya

Website pendidikan atau akademik adalah website yang memiliki tujuan utama untuk menyediakan materi pendidikan kepada pengunjung website, atau memberikan informasi tentang institusi pendidikan kepada mereka.

Contoh website pendidikan seperti website sekolah, perguruan tinggi, lembaga kursus, dll. Website pendidikan di indonesia biasanya identik dengan domain .sch.id, ac.id, edu. Namun untuk beberapa website seperti website kursus memiliki domain yang berbeda, bisa .com atau ekstensi lainnya.

Kamu bisa membeli domain khusus untuk website pendidikan di Jagoan Hosting, Jagoan Hosting memberikan promo domain murah untuk beberapa ekstensi.

7. Website Nirlaba

Website Nirlaba
Contoh Website Nirlaba/Yayasan

Website Nirlaba atau Sosial adalah website yang digunakan sebagai media untuk kegiatan sosial. Misalnya website penggalangan dana yang dilakukan oleh suatu organisasi untuk kegiatan sosial yang diadakan. 

Membangun website untuk organisasi nirlaba kamu adalah langkah penting dalam membuktikan legitimasi organisasi kamu dan menjangkau lebih banyak orang untuk ikut serta kegiatan kamu. 

Kamu dapat menggunakan website untuk mempromosikan proyek yang ditangani organisasi kamu, mendorong pengunjung website untuk mengambil tindakan, dan untuk menerima sumbangan.

8. Situs Wiki atau Forum Komunitas

Website Forum
Contoh Website Forum | Forum Jagoan Hosting

Website wiki adalah adalah website di mana para pengguna dapat berkolaborasi dalam konten dan semuanya membuat perubahan dan perubahan sendiri sesuai keinginan mereka. Contoh website yang terkenal yaitu Wikipedia.

Website forum juga menjadi satu kategori dengan website wiki karena memiliki arti yang hampir sama. Jika kamu ingin para pengguna dan pengunjung berkolaborasi untuk menciptakan konten maka jenis website ini yang cocok.

Jagoan Hosting juga memiliki website forum, Forum Jagoan Hosting merupakan forum bagi para pelanggan maupun non-pelanggan untuk bertanya, berbagi dan berdiskusi. Forum tersebut sangat membantu untuk mencari solusi dari masalah yang ditemukan.

Itulah beberapa jenis website yang sudah dijabarkan masing-masing, Sebetulnya masih banyak lagi jenis website yang tersebar diluar sana, namun 8 jenis website yang sudah disebutkan merupakan tipe website yang paling populer

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like