Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia
Membuat Website Portal Berita

Apa sih yang Dibutuhkan untuk Membuat Website Portal Berita?

Media online saat ini mulai menjamur, Mulai banyak orang tertarik untuk membuat website portal berita. Namun apakah kamu sudah paham tentang apa sih yang dibutuhkan dalam membangun situs berita? Yuk cari tahu informasinya disini

Kebanyakan orang tertarik membuat situs berita karena alasan kemudahan dalam mendatangkan visitor. Kamu tidak perlu paham dan menguasai SEO untuk mendapatkan visitor.

Cukup dengan melakukan share berita pada sosial media dan visitor akan datang dengan sendirinya. Sebenarnya membuat website berita sangat mudah, Sama halnya dengan cara membuat website toko online pada post tutorial sebelumnya.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika kamu ingin membuat situs berita. Lantas, Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat website portal berita?

1. Nama Domain

Dalam membuat website portal berita kamu harus menentukan dan menggunakan nama domain yang mudah diingat. dan tentunya memiliki nama yang berbeda dengan situs portal berita lainnya.

Kamu juga bisa menambahkan nama kota kamu pada domain yang berarti portal berita kamu khusus untuk kota kamu. Hal ini tentunya target audience semakin spesifik sehingga lebih mudah untuk mendapatkan visitor ke website.

Perlu diingat, Jangan sampai kamu menggunakan nama domain yang mirip dengan portal berita atau brand yang sudah besar. Misalnya: Detik, Kompas, Tribunnews, dll. Hal itu bisa menjadi masalah kedepannya. Sebaiknya gunakan nama domain atau website berita yang memang benar benar fresh, unik, dan tentunya mudah diingat.

Kamu bisa melakukan cek ketersedian domain dan membeli domain murah di website jagoan hosting di link tersebut.

2. Hosting Khusus Bisnis

Corporate Hosting

Karena portal berita berorientasi pada visitor, Maka saat membuat website portal berita harus diperhatikan server atau hosting. Karena hosting menjadi tumpuan dari portal website berita tersebut.

Sebuah portal berita sangat dianjurkan menggunakan Hosting Khusus Bisnis. Hal tersebut dikarenakan portal berita membutuhkan resource yang cukup besar yang disebabkan harus melayani banyak visitor sekaligus. Sama halnya ketika membuat website toko online yang dianjurkan menggunakan hosting khusus agar tidak terjadi down saat kebanyakan trafik.

Pastinya kamu tidak mau website portal berita yang kamu kelola lambat saat diakses dan sering mengalami down karena kebanyakan trafik. Jika hal tersebut terjadi Maka peluang kamu untuk mempunyai banyak trafik dan media online kamu sukses akan sulit tercapai. Maka dari itu sebuah situs berita dianjurkan menggunakan Hosting Khusus.

Banyak orang yang menyarankan untuk menggunakan VPS Indonesia atau server pribadi. Namun sayangnya saat ini harga VPS cukup mahal, Rata – rata harganya diatas 100Ribu perbulan. Sebagai alternatifnya kamu bisa menggunakan Hosting Khusus Bisnis/Dedicated Hosting yang harganya lebih murah.

Jagoan hosting sendiri memiliki hosting yang memang dirancang khusus untuk digunakan pada website yang memiliki trafik banyak. Hosting Tersebut yaitu Corporate Hosting. Hosting yang memang difokuskan untuk bisnis B2B dan B2C ini sangat tangguh untuk website bertrafik tinggi. Sehingga bisa mengatasi website portal berita yang memiliki banyak trafik namun budget minim untuk beli VPS.

Untuk paket terendah dari Corporate Hosting Indonesia untuk B2C yaitu paket angel. Dengan spesifikasi server 10GB Storage, 2 Core CPU, 2GB RAM, dan Unlimited Inodes. Spesifikasi tersebut bisa menampun banyak sekali trafik pada website portal berita kamu.

3. Engine yang Dipakai

Engine disini berarti dasar dari bahasa pemrogrman yang digunakan untuk membuat website portal berita. Di Indonesia sendiri untuk membuat website portal berita sering menggunakan 2 type engine, Engine tersebut yaitu :

  1. CMS WordPress, Hampir seluruh website portal berita di Indonesia menggunakan CMS wordpress sebagai engine mereka. Selain mudah digunakan, CMS terbaik dan mudah untuk dioptimasi sehingga banyak orang menggunakan CMS wordpress. Banyak sekali theme dan plugin yang mendukung dan memang dirancang khusus untuk portal berita. Itulah yang menjadi alasan mengapa banyak orang menggunakan CMS wordpress sebagai media portal website mereka.
  2. PHP Framework, Engine ini banyak digunakan untuk situs portal berita yang sudah besar. Detik atau Kompas menggunakan PHP Framework sebagai engine untuk membuat situs portal berita  mereka. PHP framework sendiri memiliki keunggulan dari sisi kecepatan akses, keamanannya karena memang dirancang sendiri berbeda dengan CMS. CMS bersifat open source sehingga sudah banyak orang mengetahui struktur kodenya.

Dari dua enggine tersebut manakah pilihan kamu untuk membuat website portal berita? Mimin rekomendasiin CMS wordpress untuk kamu, Namun jika kamu punya budget yang cukup besar. Kamu bisa menggunakan PHP Framework untuk enggine website berita kamu.

4. Teknik Penulisan Artikel

Teknik penulisan artikel portal berita sedikit berbeda dengan cara menulis artikel pada blog biasa. Jadi kamu harus memperhatikan teknik penulisan sebelum membuat website portal berita.

Sebuah website portal berita diharuskan dan diwajibkan untuk membuat konten yang benar- benar nyata. Dalam artian berita yang disajikan benar-benar terjadi bukan hasil karangan atau mengutip dari sumber tidak jelas.

Bukan hanya real, Konten yang dipublish bukan hasil copy paste atau menjiplak dari situs orang lain. Jika kamu keras kepala menggunakan konten hasil copypaste dan menjiplak.

Selain buruk dari segi SEO kamu bisa terkena kasus karena hak cipta yang bisa membawa kamu ke ranah hukum. Itulah mengapa kamu harus memiliki jurnalis sendiri untuk meliput kejadian, Sehingga berita yang dibuat sesuai.

Bahasa yang digunakan dalam penulisan berita harus menggunakan bahasa yang jelas, padat dan baku. Jangan gunakan bahasa yang sulit dimengerti atau menggunakan bahasa gaul. Kecuali memang tujuan dari konten yang kamu buat dikhususkan untuk anak muda yang memang menggunakan bahasa gaul.

5. Mengetahui Pedoman dan Kebijakan Media Siber

Jika kamu ingin menjadi media online, sebelum membuat website portal media ketahui terlebih dahulu tentang pedoman dan kebijakan media siber. Saat membuat website portal berita Kamu harus paham apa saja yang diperbolehkan dan apa saja yang dilarang untuk menjadi media online atau portal berita.

Untuk mengetahui kebijakan dan pedoman media siber. Kamu bisa membaca pedoman dan kebijakan media siber di situs resmi dewan pers atau bisa melalui link berikut ini. Kamu harus memahami peraturan dan mematuhi kebijakan yang dibuat Dewan Pers untuk para media online/situs portal berita.

6. Keamanan Website

Keamanan website perlu diperhatikan saat merancang dan membuat website berita. Kamu pasti tidak mau website kamu dihack oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga menyebabkan situs kamu tidak dapat diakses atau data website kamu tiba- tiba hilang.

Maka dari itu kamu harus memperhatikan keamanan website saat membuat website portal berita. Untuk meningkatkan keamanan website bisa dengan cara selalu melakukan update terbaru baik plugin ataupun theme website. Update juga CMS WordPress kamu ke versi yang terbaru untuk meningkatkan keamanan website.

Bukan hanya dari sisi website, Keamanan di sisi server harus diperhatikan. Walaupun sebenarnya sisi server bukan hanya tanggung jawab kamu, Melainkan pihak provider juga harus memperhatikan keamanan servernya.

Jika kamu menggunakan Corporate Hosting dari Jagoan hosting. Keamanan server kamu akan dipantau terus oleh system yang telah terpasang di server selama 24 jam penuh.

sehingga ketika ada issue di server akan langsung segera diatasi secepat mungkin.

7. Memahami Copyright dan License

Buat kamu yang berencana membuat website portal berita, sebaiknya pahami terlebih dahulu tentang copyright dan lisensi gambar. Diatas tadi sudah disinggung tentang copyright pada konten. Sedangkan Copyright dan License bukan hanya pada konten artikel saja melainkan gambar juga memiliki hak cipta dan lisensi.

Kebanyakan orang saat membuat situs berita tujuannya digunakan sebagai bisnis, untuk mendapatkan uang dari internet dengan cara berita yang dibuat. Nah kamu harus paham tidak semua gambar bebas digunakan, Terdapat copyright dan lisensi didalamnya.

Terdapat beberapa gambar yang berlisensi gratis namun hanya bisa digunakan untuk personal use atau penggunaan pribadi. Dan terdapat juga gambar yang berlisensi gratis untuk Personal dan Comercial use yang artinya bisa digunakan untuk bisnis dan personal. Lazoid

Namun ada beberapa situs yang memiliki kebijakan untuk mencantumkan atribut sebagai syarat untuk menggunakan gambar gratis. Baik digunakan untuk personal use ataupun comercial use. Buat kamu yang ingin mencari Download Gambar Gratis yang berosulusi tinggi bisa mengunjungi link tersebut.

1 comment

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +