Aorinka Anendya
Latest posts by Aorinka Anendya (see all)

Pengantar

Joomla merupakan salah satu CMS yang banyak digunakan untuk membangun website saat ini. Proses instalasi untuk Joomla pun beragam, dari mulai cara manual, lewat Softaculous dan terakhir menggunakan XCube. 

Bagi kamu yang sudah memiliki VPS X aktif di Jagoan Hosting, tak perlu khawatir karena di sana sudah terdapat fitur XCube, fitur ini sendiri berisikan kumpulan template VPS yang sudah siap digunakan, nah salah satunya adalah Joomla. Maka dari itu, langsung saja ke tutorialnya Sob, enjooyy!

Prasyarat

  1. Memiliki VPS X yang sudah aktif.
  2. Memiliki akses ke member area ke Jagoan Hosting.

Langkah 1, Masuk Member Area

Untuk melakukan instalasi ini kamu harus masuk ke member area lalu klik Layanan, selanjutnya pilih VPS X yang akan kamu rebuild, lalu klik icon obeng.

pilih manage domain

Langkah 2, Konfigurasi dan Install Joomla

Setelah masuk ke halaman VPS X yang akan kamu rebuild, pada menu Actions pilih Rebuild VPS. Di sana terdapat beberapa pilihan untuk VPS Apps, lalu pilih yang Joomla.

pilib rebuild vps, joomla

Pada bagian bawah, terdapat halaman untuk konfigurasi. Biasanya form di bawah ini sudah otomatis terisi, namun kamu juga bisa jika ingin mengeditnya. Setelah terisi semua klik tombol Rebuild VPS.

Pastikan kamu sudah benar - benar yakin, karena aktivitas Rebuild akan menghapus semua data sebelumnya dan digantikan dengan aplikasi baru yang akan kamu pasang saat ini.

Tunggu sampai proses instalasi selesai. Biasanya membutuhkan waktu 5 - 10 menit. Instalasi yang sudah sukses ditandai dengan gambar seperti di bawah ini.

instalasi selesai

Selanjutnya untuk mengetahui informasi login Joomla, pilih menu Actions lalu klik Access Detail. Halaman ini berisi semua info mengenai instalasi Joomla yang sudah kamu lakukan tadi.

halaman access detail

Penutup

Dari tutorial ini kamu sudah berhasil melakukan instalasi Joomla lewat Xcube, dengan cara melakukan rebuild VPS. Instalasi menggunakan cara ini memang sangat mudah, asalkankamu sudah memiliki VPS X yang aktif dan akses ke member area. 

Selamat mencoba Sob, semoga berhasil!

Baca Juga :

  1. Cara Install Joomla via Softaculous
  2. Cara Install Joomla Secara Manual

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 0 / 5. Dari total vote 0

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?