Mencegah Hotlinking Via FTP

Aorinka Anendya
Latest posts by Aorinka Anendya (see all)

Pengantar

Halo Sob! Pernah nggak sih, diantara kamu saat sedang membuka sebuah website, lalu terdapat gambarnya, dan ternyata gambar tersebut merupakan tautan langsung dari situs lain. Hal seperti ini dinamakan dengan hotlinking. 

Hotlinking sendiri jika dibiarkan saja dapat merugian pihak kedua, karena pihak pertama turut ikut menggunakan bandwidth untuk gambar, dan tentunya pasti dikenakan biaya. Nah, untuk mengatasi hal tersebut terjadi pada website, kamu perlu melakukan pencegahan, salah satunya dengan mengaktifkan hotlink protection, bagaimana caranya? Simak tutorialnya sob!

Prasyarat

Pastikan kamu sudah menginstal FTP Client.

Langkah 1, Membuat dan Upload Gambar

Salah satu solusi untuk mencegah saat ada hotlinking ke situs konten kamu adalah menggunakan gambar. Dengan menggunakan satu gambar, kamu bisa lebih mudah dan cepat untuk mengkonfigurasi perlindungan hotlinking pada instalasi Joomla kamu. 

Untuk menambahkan gambar, kamu perlu membuatnya terlebih dahulu, lalu simpan dalam ekstensi .jpe dan upload melalui FTP. 

Langkah pertama adalah masuk ke FTP klien dan arahkan direktorinya ke /public_html/joomla/images setelah itu kamu bisa langsung upload gambarnya. Dengan cara klik kanan > Create New File lalu masukan nama filenya.

mengupload gambar di ftp

Langkah 2, Mengaktifkan Hotlink Protection

Setelah gambar berhasil terupload, selanjutnya masuk ke direktori website Joomla. Lalu cari file dengan nama .htaccess, klik kanan pada gambar lalu Download.

download file htaccess

Jika file sudah berhasil di download di komputer kamu, buka dengan text editor sederhana. Di sini kami menggunakan Notepad++. Buka file tersebut lalu edit dengan memasukkan baris kode di bawah ini.

RewriteEngine On

RewriteCond% {HTTP_REFERER}! ^ Http: // (. + \.)? jagoanhosting \ .site / [NC]

RewriteCond% {HTTP_REFERER}! ^ $

RewriteCond. * \. (Jpe? G | gif | bmp | png) $ /images/jh.jpe [L]

jagoanhosting.site : ganti dengan nama domain kamu sendiri.

jh.jpe : ganti dengan nama file gambar kamu.

ganti code

Penutup

Nah, dengan melakukan cara ini, semua izin penggunaan gambar untuk web kamu akan diarahkan ke gambar yang sudah kamu buat sebelumnya. Gimana sob, praktis kan dan juga tentunya aman untuk mencegah hotlinking. Jangan lupa dipraktekan ya sob, gudlakk!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 0 / 5. Dari total vote 0

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?