Aorinka Anendya
Latest posts by Aorinka Anendya (see all)

Pengantar

Mungkin diantara kamu ada yang bertanya - tanya, mengapa saat mengakses administrator Joomla akan otomatis keluar beberapa menit sekali jika tidak ada aktivitas, dan perlu login untuk mengaksesnya kembali. Waktu inilah yang dinamakan dengan Session Lifetime, hal ini bertujuan untuk mencegah hal - hal yang tidak diinginkan, misalnya saat kamu meninggalkan laptopmu sendirian dengan keadaan yang masih membuka akun Joomla kamu.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa lho Sob, mengubah besaran waktu untuk Session Lifetime sesuai keinginan kamu. Nah bagaimana caranya? Cus, langsung saja baca detailnya di bawah ini.

Prasyarat

Pastikan kamu memiliki akses ke halaman administrator Joomla.

Cara Mengubah Session Lifetime

Untuk mengubah Session Lifetime di Joomla, kamu perlu masuk ke halaman administrator. Pilih menu System > Global Configuration. 

Selanjutnya pilih tab System. Setelah terbuka, scroll ke bawah hingga kamu menemukan Session Settings. Pada bagian Session Settings, terdapat 3 opsi, dua diantaranya yang nantinya akan kamu pakai.

  • Session Handler : bagian ini biarkan default seperti sebelumnya, yaitu Database.
  • Session Lifetime : pada bagian inilah kamu bisa mengatur berapa lama sesi situs Joomla kamu. Secara default, sistem akan memberikan batasan waktu selama 15 menit, namun jika menurutmu kurang lama, kamu bisa menambahkan waktunya di sini. Tapi disarankan tidak boleh terlalu lama juga, karena akan terlalu beresiko.

Jangan lupa setelah itu, pilih Save & Close untuk menyimpan perubahan.

Penutup

Dengan menyetel Session Lifetime ini akan memberikan keamanan yang lebih saat kamu bekerja di area administrator Joomla. Tetap berhati - hati saat bekerja ya sob, jangan lupa praktekan dan semoga berhasil!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 0 / 5. Dari total vote 0

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?