Jenis – jenis User Di Joomla

Aorinka Anendya
Latest posts by Aorinka Anendya (see all)

Pengantar

Halo Sob, tahu nggak sih, kalau di Joomla memiliki tipe user yang beragam? Nah, di tutorial kali ini kamu akan mengetahui jenis user yang terdapat di Joomla dan juga mengetahui hak akses yang dimiliki lebih lanjut. 

Jenis User Yang Terdapat di Joomla

1, Registered

Tipe user pertama merupakan Registered. Tipe user ini hanya digunakan untuk para pengguna yang mengulas konten web kamu. Mereka tidak bisa menulis artikel, mengedit, maupun menerbitkan apapun di situs kamu.

2, Author

User kedua merupakan Author. Jenis pengguna ini dapat membuat dan mengedit artikel yang ditulisnya sendiri. Namun, mereka tidak bisa mengedit milik user lain. Selain itu mereka juga tidak bisa mempublikasikannya. Tetapi user ini masih bisa menulis artikel, yang nanti selanjutnya akan ditinjau oleh User Editor. 

Untuk mulai menuliskan artikel, pilih Create a post lalu akan tampil halaman seperti di bawah. 

Editor : di sini kamu bisa memasukan judul dan konten artikelnya.

Publishing : pilih kategori artikel, status, catatan, tag, dll.

Language : pilih bahasa yang akan digunakan.

Metadata : masukan metadata yang sesuai, untuk tujuan SEO.

3, Editor 

Tipe user ketiga yaitu Editor. User ini dapat mengedit semua jenis artikel yang ada di situs kamu. Namun, mereka tidak bisa menerbitkannya. Untuk mengedit konten, kamu harus login sebagai Editor. Selanjutnya di samping artikel terdapat tombol Options pilih Edit. 

Opsi pengeditan sama dengan Author, hanya saja Editor dapat mengedit semua artikel siapapun yang membuat konten.

4, Publisher 

Tipe User terakhir adalah Publisher. User ini dapat mempublikasikan semua konten di situs. Hak mereka hampir sama dengan Editor, karena bisa mengedit artikel juga siapapun pengarangnya. Caranya login sebagai Publisher, lalu di samping artikel terdapat menu Options pilih Edit. 

Selanjutnya, akan tampil halaman artikel dalam mode Edit, pilih pada tab Publishing. Lalu scroll ke bawah sampai menemukan opsi Status, di sini user bisa memilih akan menerbitkan, tidak menerbitkan, diarsipkan, atau dibuang. 

Penutup

Nah, sampai sini kamu sudah selesai mempelajari jenis - jenis user yang ada di Joomla beserta haknya Sob. Jangan lupa ikuti terus tutorial Joomla ya.

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 0 / 5. Dari total vote 0

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?