Aorinka Anendya
Latest posts by Aorinka Anendya (see all)

Pengantar

Kamu tahu kan Sob, kalau di Joomla sendiri sudah menyediakan beragam plugin yang bisa kita pasang di situs kita? Lalu, apakah kamu sudah bisa melakukan pengaktifannya? Nah, jika belum kamu harus ikuti tutorial ini sampai selesai ya!

Prasyarat

Pastikan kamu sudah memiliki akses ke halaman administrator Joomla.

1, Mengaktifkan dan Menonaktifkan Plugin 

Langkah pertama untuk mulai mengaktifkan plugin di Joomla adalah mengakses halaman administrator, pada menu bagian atas pilih Extensions > Plugins.

Selanjutnya akan muncul daftar plugin yang disediakan oleh Joomla, di tutorial kali ini kita akan menggunakan Authentication plugin Gmail.

Setelah kamu membuka plugin tersebut, lalu akan muncul beberapa opsi yang bisa kamu ubah. Cari bagian Status dan pilih ke Enabled. Jika sudah simpan dengan memilih Save & Close.

2, Mengaktifkan dan Menonaktifkan Plugin dengan cepat

Selain cara di atas, sebenarnya ada cara lain juga loh Sob, justru cara ini lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Caranya, setelah kamu mengakses Plugin Manager, pilih plugin yang akan kamu aktifkan dengan cara mencentang di bagian samping kiri, lalu klik tombol Enable di bagian atas.

Penutup

Gimana Sob, mudah banget kan jika ingin mengaktifkan plugin di Joomla. Kamu tinggal pilih saja ingin menggunakan cara yang mana. Selamat mencoba ya semoga membantu!

Baca Juga :

  1. Manajemen Weblink Pada Joomla
  2. Manajemen Banner Pada Joomla
  3. Manajemen Modul Pada Joomla
  4. Manajemen Template Pada Joomla

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 0 / 5. Dari total vote 0

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?