Mengaktifkan SEO-Friendly URL di Joomla

Aorinka Anendya
Latest posts by Aorinka Anendya (see all)

Pengantar

Hai Sob, bagi kamu yang sedang mencari tutorial untuk melakukan optimasi pada website Joomla, maka langkah kamu untuk membuka tutorial ini sudah sangat benar.

Di tutorial kali ini kamu akan belajar bagaimana cara mengaktifkan SEO Friendly-URL di website. Fitur ini tentu akan sangat bermanfaat untuk perkembangan situs web kamu. Dengan fitur SEO ini, akan memudahkan website kamu untuk dijangkau dan dikunjungi  oleh banyak orang. Oleh karena itu, langsung simak saja tutorialnya Sob!

Prasyarat

  1. Akses login ke cPanel.
  2. Login ke halaman administrator Joomla kamu.

Langkah 1, Mengubah Nama File Menjadi .htaccess

Seperti biasa sob, langkah pertama kamu perlu login ke cPanel terlebih dahulu untuk mengubah nama file menjadi .htaccess, lalu pilih menu File > File Manager. Akan muncul halaman seperti di bawah, jika kamu menginstal di domain utama, maka kamu bisa menemukan di folder public_html, lalu cari file bernama htaccess.txt. Setelah ketemu, klik pada file tersebut dan pilih Rename pada menu bagian atas. 

Ubah nama file tersebut menjadi .htaccess, dan klik Rename File. 

Langkah 2, Mengaktifkan user-friendly URLs di Joomla

Setelah berhasil mengganti nama filenya, selanjutnya kamu masuk ke halaman administrator instalasi Joomla kamu. Pada menu bagian atas pilih System > Global Configuration. 

Lalu pilih tab Site, dan cari bagian SEO Settings. Pada bagian tersebut terdapat beberapa opsi, pada dua opsi teratas, isikan sebagai berikut.

  • Search Engine Friendly URLs-Yes
  • User URL Rewriting-Yes

Selanjutnya pilih tombol Save & Close pada bagian atas untuk menyimpan perubahan.

Penutup

Mudah kan sob? Dengan memanfaatkan fitur ini, penempatan website kamu di mesin pencari akan lebih baik. Ibaratnya, situs web kamu akan lebih mudah terjangkau oleh orang banyak.Fitur ini sangat bermanfaat kan sob? Makanya cepat aktifkan dan praktekkan ya, dan semoga berhasil Sob!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 0 / 5. Dari total vote 0

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?