Aorinka Anendya
Latest posts by Aorinka Anendya (see all)

Pengantar

Halo sob! Diantara kamu pasti sudah tak asing lagi bukan dengan favicon? Yap, favicon atau bisa juga disebut ikon tab merupakan sebuah gambar kecil yang terletak sebelum URL pada sebuah tab, di bawah ini merupakan beberapa contoh favicon.

So, di tutorial kali ini kamu akan mencoba mengubah favicon di web Joomla kamu. Dengan favicon, situs web kamu akan terlihat lebih profesional dan juga mudah dikenal oleh banyak orang lho, oke langsung simak saja ya sob!

Prasyarat

Pastikan kamu memiliki akses login ke cPanel

Langkah 1, Membuat Gambar Favicon

Langkah pertama yaitu, kamu harus menyiapkan gambar faviconnya terlebih dulu. Untuk membuat favicon, kamu tak perlu khawatir, kamu bisa menggunakan Photoshop, Adobe Ilustrator, Canva, dll. Pastikan ukurannya 16x16 pixel dan berformat .ico.

Untuk mengubah format ke .ico kamu bisa menggunakan situs di bawah ini.

Langkah 2, Memeriksa Template Yang Aktif

Setelah selesai membuat favicon, selanjutnya kamu perlu memeriksa template apa yang sedang aktif di Joomla. Masuk halaman administrator Joomla, lalu pilih menu Extensions > Templates.

Selanjutnya akan tampil halaman seperti di bawah. Terdapat dua kotak berwarna merah.

  • Site : template yang disetel ke situs kamu.
  • Default : template ini diaktifkan di situs kamu.

Artinya di tutorial kali ini template yang aktif adalah protostar.

Langkah 3, Unggah Favicon

Langkah selanjutnya adalah mengunggah favicon lewat direktori Joomla. Pertama kamu perlu login ke cPanel > File Manager > public_html/joomla/templates/protostar.

Setelah masuk ke direktori template kamu yang aktif, di sana terdapat file favicon yaitu favicon.ico. Jika akan mengganti faviconnya, kamu bisa hapus saja file tersebut lalu upload yang baru.

Jika sudah mengklik tombol Upload, akan tampil seperti halaman di bawah untuk mengupload file favicon yang baru. 

Setelah file berhasil diupload, kamu bisa kembali ke halaman sebelumnya, dan mengecek apakah file tersebut sudah muncul atau belum.

Penutup

Nah, jika langkah - langkah di atas sudah selesai semua, kamu bisa langsung membuka situs web kamu, apakah faviconnya sudah muncul atau belum. Selamat mencoba sob,semoga berhasil!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 0 / 5. Dari total vote 0

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?