Aorinka Anendya
Latest posts by Aorinka Anendya (see all)

Pengantar

Saat kamu memiliki sebuah situs web, baik itu yang ukuran besar ataupun kecil, tentu semakin lama akan menghasilkan sampah di dalam database yang kamu gunakan untuk situs tersebut. 

Maka dari itu, sebaiknya kamu harus rajin untuk mengoptimalkan tabel database, agar kinerjanya semakin baik. Oleh karena itu, langsung simak saja tutorialnya di bawah ya Sob, enjooyy!!

Prasyarat

  1. Pastikan kamu memiliki akses ke cPanel.
  2. Sudah memiliki database yang akan dioptimasi.

Cara Mengoptimalkan Database di Joomla

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui nama database yang kamu pakai untuk Joomla, kamu bisa menemukannya di File Manager > public_html > configuration.php. Di sana kamu bisa menemukan informasi mengenai database yang kamu pakai. 

Setelah mengetahui, langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan database, kamu perlu masuk ke cPanel > pilih bagian Databases > phpMyAdmin. 

Jika halaman phpMyAdmin sudah muncul, lihat di bagian kiri, di sana terdapat kumpulan database yang kamu miliki, lalu pilih database yang kamu gunakan untuk situs Joomla. 

Setelah database terbuka, nanti akan muncul tabel - tabel dari database tersebut. Scroll sampai ke bawah sampai menemukan pilihan Check All atau Pilih Semua, centang pada bagian tersebut, lalu pada dropdown menu pilih Optimalkan Database. 

Tunggu sampai proses selesai, biasanya memerlukan waktu beberapa menit. Jika proses sudah berhasil, maka akan tampil seperti gambar di bawah ini. Sistem akan memberitahu bahwa database berhasil dioptimalkan.

Penutup

Dengan cara mengoptimalkan database seperti di atas tentu akan membuat situs kamu bekerja lebih baik dan terhindar dari error atau kesalahan. Selamat mencoba ya Sob, semoga membantu!

Baca Juga :

  1. Cara Merestore Full Backup Pada Joomla
  2. Membuat Full Backup Pada Joomla

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 0 / 5. Dari total vote 0

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?