Mencegah Hotlinking via cPanel

Aorinka Anendya
Latest posts by Aorinka Anendya (see all)

Pengantar

Halo sob! Tutorial kali ini kamu akan melakukan pencegahan hotlinking pada website kamu. Nah, sederhananya hotlinking ini adalah menampilkan gambar di suatu situs web, dengan menautkan langsung ke gambar itu dari situs web lain. Bisa bayangin kan, kalau kamu punya gambar di website kamu, lalu orang lain dengan mudahnya menyisipkan gambar dengan cara menautkan langsung ke situs kamu.

Hal ini tentu akan menggunakan bandwith kamu, dan tentunya dikenakan biaya nantinya. Maka dari itu, untuk mencegah hal tersebut, kamu perlu membaca tutorial ini sampai tuntas. Enjooyy!

Prasyarat

  1. Memiliki domain yang akan diatur hotlinknya.
  2. Memiliki akses ke cPanel.

Cara Mengaktifkan Hotlinking via cPanel

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah Login ke cPanel. Selanjutnya masuk ke menu Security, lalu pilih Hotlink Protection.pilih hotlink protection

Setelah berhasil terbuka, kamu akan dibawa pada halaman seperti di bawah. Pada halaman tersebut, terdapat beberapa opsi yang bisa kamu atur sesuai kebutuhan kamu, yaitu :

  • URLs to allow access : pada form ini kamu bisa menuliskan domain yang akan diberi akses izin untuk mengakses file Joomla kamu. Biasanya diisi dengan domain yang kamu gunakan saat instalasi Joomla. Namun, kamu juga bisa menambahkan domain yang lain.
  • Block direct access for the following extensions : masukan ekstensi file yang akan kamu lindungi hotlinknya. Secara default, sistem juga akan otomatis mengisinya, namun kamu bisa memberi tambahan ekstensi yang lain.
  • Redirect the request to the following URL : form ini hanya opsional, jika kamu ingin membuat halaman custom yang berfungsi untuk mengarahkan semua permintaan ke sana, kamu bisa menautkan halaman tersebut pada form ini. Contoh halamannya seperti ini.

http://www.namadomainkamu.com/namahalaman.php

konfigurasi hotlinkSetelah mengisi pengaturan hotlinking tersebut, klik tombol Simpan, untuk menyimpan dan menerapkan perubahannya. 

Penutup

Gimana sob, mudah kan? Melakukan pencegahan hotlinking memang sangat penting untuk website kamu, hal ini agar orang lain di luar sana tidak sembarangan menautkan langsung ke situs kamu. Selamat mencoba ya sob!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 0 / 5. Dari total vote 0

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?