Cara Mengelola Cache Pada Joomla

Aorinka Anendya
Latest posts by Aorinka Anendya (see all)

Pengantar

Hai, Sob. Selama memiliki website, pernahkah kamu rajin mengelola cache yang ada dalam web tersebut ? Cache yang rajin dikelola atau dibersihkan dapat meningkatkan kecepatan website kamu loh. Maka dari itu, ikuti tutorial ini sampai habis, untuk mengetahui cara mengelola cache di Joomla.

Prasyarat

Pastikan kamu memiliki akses login ke halaman administrator Joomla.

Langkah 1, Menghapus Cache

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke halaman administrator Joomla. Selanjutnya pada bagian atas pilih menu System > Clear Cache. 

Setelah itu akan tampil halaman seperti di bawah, di sini kamu pilih cache mana saja yang akan kamu hapus. Lalu pilih tombol Delete pada pojok kiri atas, untuk menghapus cache yang sudah kamu pilih tadi.

Langkah 2, Menghapus Cache Yang Sudah Kadaluarsa

Selain menghapus cache seperti di langkah pertama, kamu juga bisa menghapus cache yang sudah kadaluarsa loh Sob. Caranya kamu pilih menu System > Clear Expired Cache. 

Selanjutnya, tampil halaman seperti di bawah ini, lalu pada pojok kiri atas pilih tombol Clear Expired  Cache untuk menghapus semua cache yang sudah kadaluarsa. 

Penutup

Oleh karena itu, jika kamu ingin memiliki website yang performanya bagus, rajin - rajinlah memeliharanya ya Sob, salah satunya adalah dengan membersihkan cache website tersebut. 

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 0 / 5. Dari total vote 0

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?