File Konfigurasi Joomla

Aorinka Anendya
Latest posts by Aorinka Anendya (see all)

Pengantar

Halo sob! Tutorial Joomla kali ini akan membantu kalian untuk menemukan sebenarnya dimana sih, letak  file konfigurasi Joomla itu?

Setelah melakukan instalasi, mungkin diantara kalian ada yang ingin mengedit beberapa opsi untuk situs website kamu. Nah, di kesempatan kali ini mimin akan membagikan cara bagaimana menemukan file konfigurasi Joomla, bahkan tanpa mengakses area administratif website kamu lho. Langsung saja simak tutorialnya sob!

Prasyarat

  1. Memiliki website yang sudah menggunakan CMS Joomla.
  2. Memiliki akses Login ke cPanel

Menemukan File Konfigurasi Joomla

Pertama kamu harus login ke cPanel terlebih dahulu, selanjutnya masuk menu File Manager. Jika saat instalasi kamu menempatkannya di domain utama maka cari direktori yang bernama public_html. 

Selanjutnya cari file bernama configuration.php, lalu klik kanan pada file tersebut dan pilih View.

file konfigurasi

Setelah file terbuka, akan muncul halaman seperti di bawah ini. Dalam file konfigurasi Joomla terdapat banyak pilihan opsi, salah satu informasi yang paling penting dalam file ini adalah baris database situs web kamu. Di sana menampilkan server database, nama database yang kamu gunakan, user, sandi, prefix, dan tipe database kamu. 

informasi database

Penutup

Bagaimana, mudah kan sob? Jadi, kamu tidak perlu repot lagi saat ingin mengedit opsi pada konfigurasi Joomla. Pastikan kamu paham mengenai isi yang ada dalam file tersebut, bagaimanapun juga hal ini akan sangat bermanfaat untuk pengembangan website kamu di masa yang akan datang.

Terlebih informasi mengenai database, karena akan sangat diperlukan saat kamu melakukan pencadangan atau pemulihan database.

Baca Juga :

  1. Mencegah Hotlinking Via FTP
  2. Mencegah Hotlinking via cPanel
  3. Bagaimana Cara Submit Web Link Pada Joomla?
  4. Cara Melakukan Search Konten Di Joomla

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 0 / 5. Dari total vote 0

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?